Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini 10 Proyek Ditjen Cipta Karya dengan Penerapan BIM

Plt. Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Danis H. Sumadilaga menjelaskan penerapan Building Information Modelling (BIM dalam proyek konstruksi merupakan salah satu dari prinsip dasar transformasi konstruksi di Tanah Air.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 17 Desember 2020  |  23:46 WIB
Pesta kembang api memenuhi Stadion Gelora Bung Karno dalam pembukaan Asian Games 2018, Sabtu (18/8/2018). - Reuters/Willy Kurniawan
Pesta kembang api memenuhi Stadion Gelora Bung Karno dalam pembukaan Asian Games 2018, Sabtu (18/8/2018). - Reuters/Willy Kurniawan

Bisnis.com, JAKARTA-- Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mencatat sudah ada sekitar 10 proyek konstruksi bangunan di lingkungannya yang menerapkan Building Information Modelling (BIM).

Plt. Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Danis H. Sumadilaga menjelaskan penerapan BIM dalam proyek konstruksi merupakan salah satu dari prinsip dasar transformasi konstruksi di Tanah Air.

"Untuk menuju transformasi konstruksi di Indonesia, salah satu prinsipnya adalah menerapkan BIM di industri konstruksi. Kebijakan yang diharapkan lewat transformasi konstruksi ini agar bidang jasa konstruksi harus menjadi lebih cepat, lebih murah, dan lebih baik," ujarnya dalam Webinar BIM Week yang disiarkan daring Kamis (17/12/2020).

Dia menguraikan ada sekitar 10 contoh proyek gedung di lingkungan Ditjen Cipta Karya yang sudah menerapkan BIM. Di antaranya yaitu pertama, renovasi Stadion Utama Gelora Bung Karno di Jakarta; kedua, renovasi dan pengembangan Stadion Manahan Solo; ketiga, pembangunan Pasar Atas Bukittinggi; keempat, pembangunan Arena Aquatic Papua; kelima, Pembangunan Istora Bangkit Papua; keenam, pembangunan Pasar Pariaman Sumatra Barat.

Ketujuh, pembangunan Pasar Sukawati Gianyar, Bali; kedelapan, pembangunan Pasar Renteng Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat; kesembilan, pembangunan Pasar Legi Ponorogo Jawa Tengah; ke-10 pembangunan Pasar Sentral Gorontalo; ke-11, pembangunan Politeknik Negeri Malang, Jawa Timur; dan ke-12, pembangunan IAIN Palu, Sulawesi Tengah.

"Ke depannya saya menantang seluruh proyek bangunan gedung di lingkungan Cipta Karya yang memenuhi kriteria, wajib menerapkan full BIM sejak dalam tahap perencanaan sampai dengan konstruksinya."


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

infrastruktur gelora bung karno Kementerian PUPR
Editor : Ropesta Sitorus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top