Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sistem Informasi Tol Laut, Menhub: Jangan Jadi Barang Hiasan!

Menhub Budi Karya berharap agar sistem informasi tol laut (Sitolaut) bisa dimanfaatkan dan berdampak terhadap keseluruhan program tol laut.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 15 Desember 2020  |  18:05 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat memberikan sambutan dalam agenda uji coba bongkar muat di Pelabuhan Patimban, Kamis (3/12/2020).  -  Bisnis/Rinaldi M. Azka
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat memberikan sambutan dalam agenda uji coba bongkar muat di Pelabuhan Patimban, Kamis (3/12/2020). - Bisnis/Rinaldi M. Azka

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membentuk sistem informasi tol laut (Sitolaut) guna menjadi penunjang program subsidi angkutan barang tol laut. Diharapkan, dapat meningkatkan muatan.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menuturkan penggunaan sistem daring bukan sekedar hanya untuk mengikuti tren. Melainkan, harus berdampak dan bermakna terhadap keseluruhan program tol laut.

"Apa yang dilakukan secara online ini harus berarti, harus bermakna, harus terpakai, jangan menjadi barang hiasan yang tak bisa dimanfaatkan. Oleh karenanya, koordinasi Kemenhub, Kemendag, Kemenkomarves harus dilakukan intensif," ujarnya, Selasa (15/12/2020).

Dia mengharapkan sistem informasi ini dapat digunakan hingga pelosok negeri yang jalurnya dilewati rute tol laut, termasuk ke daerah tertinggal, terpencil, terluar dan perbatasan (3TP).

Pemerintah lanjutnya, berharap aplikasi tol laut bisa mendorong hasil bumi dari Indonesia Timur bisa berjalan dan dibawa oleh kapal-kapal tol laut melalui Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya dan Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta ke Pulau Jawa.

"Dengan demikian, teman-teman di Jawa bisa mengkonsumsi barang hasil yang ada dari Indonesia timur, itu terjadi apabila koordinasi berjalan baik, serta lebih penting sosialisasi juga," katanya.

Dia juga meminta dibuatkan tempat pemantauan aktivitas tol laut menggunakan layar berukuran besar agar mengetahui posisi masing-masing kapal tol laut serta jumlah muatan yang diangkutnya.

"Ini juga kami harapkan bisa jadi suatu cara kami memodernisasi cara kerja yang berkembang, efisien dan memberikan makna," imbuhnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kemenhub Tol Laut
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top