Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PT PPI Serap Ayam Potong Secara Reguler di Jabar, Tembus 27.350 Ekor!

Penyerapan livebird sudah berjalan reguler yakni delapan pengirima dalam waktu sekitar dua pekan.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 14 Desember 2020  |  21:04 WIB
Pedagang menyusun ayam potong di Pasar Modern, Serpong, Tangerang Selatan, Senin (2/6/2019). - Bisnis/Endang Muchtar
Pedagang menyusun ayam potong di Pasar Modern, Serpong, Tangerang Selatan, Senin (2/6/2019). - Bisnis/Endang Muchtar

Bisnis.com, JAKARTA - PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) secara reguler terus melaksanakan penyerapan ayam potong (livebird) kepada beberapa peternak mandiri di Subang, Jawa Barat.

Hingga saat ini, PPI telah melakukan serapan sebanyak 27.350 ekor, dengan harga beli ayam hidup berkisar antara Rp12.000 sampai dengan Rp22.000.

Vice President Pengembangan Bisnis PPI Indra Iliana menyampaikan, bahwa penyerapan livebird sudah berjalan reguler yakni delapan pengiriman dalam waktu sekitar dua pekan.

“Kami sedang proses untuk bangun sistem bersama dengan RPH-nya. Selama ini, hasil potong livebird masih banyak diserap oleh industri. Ke depannya PPI berharap bahwa retail dan masyarakat dapat membeli produk ayam potong dalam bentuk frozen,” ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Senin (14/12/2020).

PPI menargetkan RPH bisa melakukan pemotongan 2-3 truk per pekan atau 7-10 ton. Adapun, PPI membeli dalam bentuk ayam hidup, kemudian untuk processing boneless dilakukan di RPH Cikarang, Jawa Barat.

Lalu, daging ayam yang sudah dibeli, dijual ke beberapa pasar yang berada di jaringan PPI dan sebagian disimpan hingga harga stabil.

"Kerja sama ini diharapkan dapat memberikan jaminan market maupun jaminan harga kepada peternak mandiri," imbuh Indra.

Melalui penugasan yang didapatkan dari Kementerian BUMN, PPI terus berkoordinasi dengan sejumlah kementerian seperti Kementerian Perdagangan, Kementerian Pertanian, dan Kementerian Sosial dalam menyerap hasil ternak ayam dari para peternak mandiri semaksimal mungkin.

PPI saat ini juga tengah membangun integrasi IT berbentuk aplikasi gawai yang menghubungkan para pemangku kepentingan yang bergerak dalam bidang usaha ayam potong.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ayam pt perusahaan perdagangan indonesia (ppi)
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top