Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Strategi PPI Bertransformasi jadi Perusahaan Trading Logistik

Ini strategi PPI untuk pengembangan kapabilitas bisnis sebagai perusahaan trading logistik di Indonesia.
Petugas PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) mendistribusikan minyak goreng murah kepada pedagang pasar tradisional di wilayah Jakarta/PPI
Petugas PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) mendistribusikan minyak goreng murah kepada pedagang pasar tradisional di wilayah Jakarta/PPI

Bisnis.com, JAKARTA - PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI), member of ID Food lakukan akselerasi transformasi bisnis dan budaya menuju perusahaan trading dan logistik yang terdigitalisasi.

Direktur Utama PPI Nina Sulistyowati mengatakan sesuai dengan arahan Menteri BUMN Erick Thohir, PPI memiliki peran dalam mendukung terbentuknya ekosistem untuk mencapai kedaulatan pangan Indonesia. Menurutnya, penguatan ekosistem pangan nasional menjadi hal vital bagi Indonesia.

"PPI berupaya meningkatkan inklusivitas petani, peternak, nelayan, dan UMKM, melalui pengembangan kapabilitas bisnis sebagai perusahaan trading logistik," ujarnya, Jumat (2/12/2022).

Saat ini, kata dia, PPI tengah melakukan pengembangan ekspor, dalam fungsinya sebagai ekspor gateway dan key account holder untuk kegiatan trading holding pangan.

Sepanjang 2022, PPI secara reguler melakukan ekspor kopi ke Mesir berdasarkan kontrak kerja sama yang telah disepakati. PPI berhasil ekspor sebanyak 237,06 ton atau senilai 7,1 miliar.

"Kopi yang diekspor merupakan kopi produksi petani lokal Indonesia, dalam menjalankan peran PPI sebagai offtaker kopi dari petani dan sebagai eksportir dalam rangka untuk terus mendukung industri kopi dalam negeri agar mampu bersaing secara global," jelasnya.

Dia mengatakan hal tersebut didukung dengan tersedianya program pendampingan kepada petani dan penyediaan digital platform dalam upaya pembentukan ekosistem petani kopi sesuai arahan Menteri BUMN Erick Thohir dengan kolaborasi PMO Kopi dan Agree melalui Telkom Indonesia.

PPI juga melakukan penyerapan ayam hidup (livebird) dari peternak mandiri di wilayah Jawa Barat sebagai upaya stabilisasi perunggasan dan kesejahteraan peternak.

Terkait stabilisasi harga minyak goreng, Nina mengatakan PPI secara konsisten dan berkelanjutan mendistribusikan minyak goreng di seluruh wilayah Indonesia dengan bersinergi dengan berbagai lembaga pemerintah secara efektif dan efisien.

"Sepanjang 2022, PPI mendapat kepercayaan untuk mendistribusikan minyak goreng selama harga minyak melambung di dalam negeri.

PPI bersama PT BGR Logistik Indonesia subsidiary of PPI bersinergi menciptakan end to end services menyalurkan minyak goreng secara langsung di pasar dan melalui mitra Warung Pangan. Selain itu, PPI melakukan diversifikasi produk minyak goreng dengan merk Mamamia dan Liva.

Nina menuturkan penyediaan produk-produk pangan ID Food Group dapat diperoleh melalui aplikasi Warung Pangan yang telah terintegrasi dengan jumlah ketersediaan stok produk di gudang.

Aplikasi Warung Pangan adalah aplikasi yang dimanfaatkan oleh pelaku UMKM pemilik warung untuk berbelanja dalam memenuhi ketersediaan stok produk pangan di warung mereka. PPI berhasil memperluas jangkauan Warung Pangan sampai sebanyak 80.438 mitra di seluruh Indonesia.

“PPI sedang mengalami era yang sangat dinamis dalam proses transformasi bisnis ke arah digital. Diperlukan perubahan perilaku dan bisnis proses menuju sudut pandang outside [memahami keinginan costumer], creative & collaboration serta agile leadership,” ucap Nina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper