Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KSOP Patimban Diisi Pekerja Berpengalaman, Menhub: Ada Tenaga Asing

Menhub Budi Karya mengatakan KSOP Patimban akan diperkuat dengan tenaga kerja asing berpengalaman dan pekerja lokal dari PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk. (IPCC).
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 03 Desember 2020  |  16:13 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat memberikan sambutan dalam agenda uji coba bongkar muat di Pelabuhan Patimban, Kamis (3/12/2020).  -  Bisnis/Rinaldi M. Azka
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat memberikan sambutan dalam agenda uji coba bongkar muat di Pelabuhan Patimban, Kamis (3/12/2020). - Bisnis/Rinaldi M. Azka

Bisnis.com, SUBANG - Operator sementara Pelabuhan Patimban akan dibantu tenaga kerja asing dan dalam negeri. Adapun, tenaga kerja lokalnya melibatkan PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk. (IPCC).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menuturkan pihaknya tengah menyelesaikan lelang operator Pelabuhan Patimban. Selama proses ini berlangsung, KSOP Patimban akan menjadi pengelola sementara.

"KSOP itu didukung oleh tenaga-tenaga yang berpengalaman dan kompeten dan juga ada tenaga asing yang turut serta melaksanakannya. Oleh karenanya, kami melakukan finalisasi untuk soft launching oleh Presiden pada Desember ini juga," jelasnya di Patimban, Kamis (3/12/2020).

Dia menerangkan KSOP akan didukung mitra profesional dalam dan asing sehingga kemampuannya minimal sama dengan yang dilakukan oleh Pelabuhan Tanjung Priok.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Patimban Anwar menuturkan tenaga profesional yang dimaksud yakni meminta bantuan IPCC serta para pemilik industri otomotif.

"Intinya kami ada bantuan dari yang sudah berpengalaman menangani kargo kendaraan, ada dari teman-teman IKT, jadi kita kolaborasi teknisnya. Mungkin ada support principal dari pemilik kendaraan [pihak Jepang]," ujarnya.

Dia menekankan proses operasi sementara pun akan mengkolaborasikan kemampuan dari masing-masing pihak agar dapat tetap terlaksana dengan baik.

Dia menegaskan secara bantuan dari IKT ini tentunya akan melibatkan perusahaan bongkar muat (PBM) milik IKT. Dengan demikian, secara formal secara legal dan formal dari KSOP, tenaga profesionalnya dari IKT.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pelabuhan Kemenhub pelabuhan patimban
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top