Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Jurus BPJT Antisipasi Truk Obesitas

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) telah menyiapkan upaya antisipasi truk over dimension over load (ODOL) dengan pemasangan alat khusus di titik tertentu.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 25 November 2020  |  18:03 WIB
Truk sarat muatan atau over dimension over load (ODOL) melintas di jalan Tol Jagorawi, Jakarta, Selasa (14/4/2020). Bisnis - Himawan L Nugraha
Truk sarat muatan atau over dimension over load (ODOL) melintas di jalan Tol Jagorawi, Jakarta, Selasa (14/4/2020). Bisnis - Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menyatakan sudah mengupayakan untuk antisipasi masuknya truk kelebihan ukuran dan beban ke jalan bebas hambatan.

Kepala Bagian Umum BPJT Mahbullah Nurdin menjelaskan salah satu fasilitas pendukung antisipasi truk over dimension over load (ODOL) adalah dengan memasang alat pengukur beban atau Weight In Motion (WIM) di sejumlah gerbang tol.

"Kami punya WIM yang bisa mengukur berat truk atau kendaraan berat yang melintasi jalan tol, lokasinya ada di beberapa titik tol," ujarnya dalam webinar Tol Sumatra Membawa Peradaban dan Perilaku Baru, Rabu (25/11/2020).

Nurdin menyebutkan lokasi tol yang sudah dipasang WIM diantaranya di jalan tol Tangerang-Merak, dimana alat ini sudah dipasang di sejumlah titik.

Kemudian jalan tol Trans Jawa yang dioperasikan oleh Jasa Marga, serta tol Trans Sumatra yang dioperasikan oleh Hutama Karya, seperti di gerbang tol Bakauheni, Lampung.

"Dengan WIM ini operator tol bisa mengetahui truk ini ODOL atau tidak, jadi setelah diukur bebannya nanti kelihatan dan setelah diketahui masuk kategori itu nanti operator dan menggiring untuk bisa keluar di gerbang tol terdekat," ujarnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bpjt Truk ODOL
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top