Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kejar Target Lifting Minyak, Blok Rokan Masih Jadi Andalan

Potensi cadangan minyak di WK Rokan diperkirakan masih sebanyak 2 miliar barel.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 24 November 2020  |  21:11 WIB
Fasilitas produksi Blok Rokan yang dikelola PT Chevron Pacific Indonesia, Minas, Riau. Dok: SKK Migas
Fasilitas produksi Blok Rokan yang dikelola PT Chevron Pacific Indonesia, Minas, Riau. Dok: SKK Migas

Bisnis.com, JAKARTA – Wilayah kerja Rokan yang akan dikelola oleh PT Pertamina (Persero) pada 2021 masih akan menjadi tulang punggung untuk target produksi siap jual atau lifting minyak 1 juta barel pada 2030.

Kesuksesan alih kelola WK Rokan menjadi salah satu faktor penting yang menentukan capaian target lifting yang terus digaungkan pemerintah. Di samping itu, Rokan dinilai masih memiliki potensi cadangan yang besar.

Penasihat Ahli Kepala SKK Migas Satya W. Yudha mengatakan bahwa potensi cadangan minyak di WK Rokan diperkirakan masih sebanyak 2 miliar barel. Dengan potensi yang ada, WK Rokan masih akan menjadi tulang punggung produksi migas dalam kurun waktu yang lama.

"Jadi Wilayah Kerja ini juga akan menjadi andalan untuk mendukung target produksi 1 juta barel pada 2030," ungkapnya dalam FGD yang digelar SKK Migas, Selasa (24/11/2020).

Dengan peluang itu, SKK Migas berupaya agar masa transisi hingga 2021 dapat berjalan lancar. Upaya masa transisi tidak hanya pada kegiatan operasi produksi, tapi juga hal-hal seperti perizinan terkait tanah.

Kepala Divisi Formalitas SKK Migas Didik S. Setyadi mengatakan dalam indentifikasi yang dilakukan SKK Migas, terdapat tanah yang akan menjadi lokasi pemboran tapi belum tersertifikasi sebagai milik PT Chevron Pasific Indonesia dan ada juga yang masih dimiliki masyarakat.

"Kesiapan perizinan mutlak dilalui karena peralatan pemboran walaupun sudah siap akan terkendala jika tanah yang menjadi lokasi status legalitasnya belum jelas," jelasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pertamina lifting minyak Blok Rokan
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top