Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Progres Vaksin Covid-19 Bikin Pengusaha Lega, Ini Sebabnya

Apindo menilai progres pengadaan vaksin Covid-19 membawa sentimen positif terhadap dunia usaha.
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 19 November 2020  |  19:34 WIB
Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Hubungan Internasional Shinta W. Kamdani, memberikan paparan pada Indonesia-Korea Business Dialogue di Tangerang, Senin (6/8/2018). - JIBI/Dwi Prasetya
Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Hubungan Internasional Shinta W. Kamdani, memberikan paparan pada Indonesia-Korea Business Dialogue di Tangerang, Senin (6/8/2018). - JIBI/Dwi Prasetya

Bisnis.com, JAKARTA - Dunia usaha diyakini mengalami perbaikan yang signifikan pada semester II/2021, seiring dengan didistribusikannya vaksin Sinovac pada kuartal II/2021 sesuai dengan laporan Satuan Tugas Pemulihan Ekonomi Nasional (Satgas PEN).

Menurut Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Shinta Widjaja Kamdani, kehadiran vaksin Covid-19 pada kuartal II/2021 berhasil memberikan sentimen positif bagi pelaku usaha di Tanah Air

"Berita terkait dengan efektivitas Pfizer dan Moderna saja sudah memberikan rasa positif bagi pelaku usaha. Dengan adanya timeline dari pemerintah, kami menilai bahwa pengendalian bisa dilaksanakan yakin tahun depan akan baik," ujarnya kepada Bisnis.com, Kamis (19/11/2020).

Dia menambahkan, kepastian kehadiran vaksin penting dan sangat ditunggu oleh pelaku usaha karena menjadi penentu kembalinya kepercayaan diri masyarakat yang diharapkan dapat menciptakan permintaan.

Namun demikian, lanjutnya, pengendalian Covid-19 tetap menjadi prioritas utama dunia usaha saat ini.

Setelah vaksin didistribusikan, ujar Shinta, masyarakat harus tetap mengikuti protokol kesehatan dalam waktu yang lama. Terutama dengan kenyataan bahwa vaksin covid-19 akan disalurkan secara bertahap.

Di sisi lain, sambungnya, pelaku usaha juga memahami bahwa pemerintah dan pengembang memerlukan waktu untuk memastikan vaksin yang akan didistribusikan benar-benar teruji klinis.

"Masyarakat pasti berpikir, apakah vaksin Covid-19 ada side effect dan lain-lain. Itu harus diperhatikan. Makanya pemerintah berhati-hati terkait dengan pengembangan vaksin. Dengan adanya timeline, tentunya baik karena pemerintah sudah lebih yakin," kata Shinta.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pengusaha apindo Vaksin Covid-19
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top