Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

DAMRI Lakukan Digitalisasi Armada dan Pembayaran Non Tunai

DAMRI melakukan pembenahan manajemen dan operasional untuk bisa bersaing di industri transportasi modern 4.0.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 18 November 2020  |  13:20 WIB
Bus Damri.  - DAMRI
Bus Damri. - DAMRI

Bisnis.com, JAKARTA - PT Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia (DAMRI) terus melakukan pembenahan dengan mengembangkan manajemen berbasis digital mengingat semakin ketatnya persaingan di industri transportasi modern 4.0.

Direktur Komersial dan Pengembangan Bisnis, Sandry Pasambuna menuturkan tidak hanya dalam layanan media sosial dan situs jejaring, DAMRI juga telah mengembangkan berbagai aplikasi yang dapat memudahkan pelanggan, juga mengoptimalkan kinerja operasional serta proses control and monitoring.

"DAMRI memperkenalkan DAMRI Fleet Management System [DFMS] yang mengacu pada teknologi untuk bertukar informasi antara armada kendaraan dengan platform pusat untuk memastikan kinerja armada DAMRI produktif," ujarnya, Rabu (18/11/2020).

Sistem ini memberikan visibilitas secara mendetail terhadap aktivitas kendaraan. Selain itu, data-data pemantauan dapat menjadi sebagai bahan pertimbangan terpercaya untuk mengoptimalkan armada.

DAMRI Tracking System atau sistem pelacakan telah menempatkan perangkat GPS (global positioning system) pada setiap armada untuk mengetahui lokasi akurat. Selain pemasangan GPS, pemasangan CCTV pada setiap bus membantu untuk memantau setiap aktivitas di dalam bus guna mencegah hal yang tidak diinginkan.

Dengan pemasangan kedua alat tersebut, DAMRI juga memiliki DAMRI Central Control Room (DCCR) yang berada di Kantor Pusat maupun Kantor Cabang untuk mengamati dan mengendalikan kondisi operasional.

"Dengan adanya DCCR menginformasikan keadaan bus yang sekiranya perlu untuk melakukan perawatan maupun pergantian onderdil dengan mudah dan cepat. Dalam kondisi tertentu yang tidak diinginkan [force majeure] hal ini mempermudah komunikasi antara tim operasional dan manajemen untuk respon cepat tanggap," tuturnya.

Sandry juga memberikan kemudahan bagi pengguna melalui tiket elektronik dan pembayaran non tunai. Tiket elektronik telah dikembangkan melalui berbagai saluran.

"DAMRI Apps untuk pengguna Android dan Tiket.damri.co.id untuk memudahkan pengguna untuk mengecek jadwal bus hingga pembelian tiket melalui genggaman telepon pintar. Ke depannya DAMRI Apps akan segera hadir untuk pengguna iOS," paparnya.

Selain itu, tiket DAMRI dapat dibeli melalui saluran agen perjalanan digital seperti Redbus dan Traveloka.

Dengan sistem perlindungan pembayaran 100 persen aman, DAMRI selalu memperhatikan keamanan transaksi dengan menggunakan RapidSSL untuk mengamankan jaringan dan melindungi akses pelanggan dari pihak yang tidak berkepentingan.

Pembayaran pun dapat dilakukan melalui berbagai pilihan metode pembayaran, seperti Pembayaran kartu debit atau kartu kredit, Link Aja, Gopay, OVO, DANA, Virtual Account maupun transfer bank.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

transportasi damri bus
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top