Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Cari Rumah Bersubsidi, Begini Cara Mudahnya

Warga masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) sekarang dapat dengan mudah memilih rumah melalui berbagai laman online yang dipersiapkan oleh Kementerian PUPR.
Yanita Petriella
Yanita Petriella - Bisnis.com 04 November 2020  |  12:53 WIB
Foto udara perumahan bersubsidi di Sumedang, Jawa Barat./Antara - Raisan Al Farisi
Foto udara perumahan bersubsidi di Sumedang, Jawa Barat./Antara - Raisan Al Farisi

Bisnis.com, JAKARTA – Rumah subsidi menjadi alternatif rumah bagi kalangan masyarakat berpenghasilan rendah.

Rumah subsidi merupakan hunian atau tempat tinggal yang tidak dikenakan pajak plus memiliki bunga rendah yang ditujukan untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) agar dapat memiliki tempat tinggal layak huni.

MBR sangat mudah mencari informasi rumah subsidi. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sudah menyediakan sarana online untuk keperluan mengecek informasi tentang rumah subsidi, lokasinya, harga, pengembangnya, hingga transaksi pembelian.

Adapun terdapat tiga sarana online yang disediakan untuk mengakses perumahan bersubsidi. Pertama, melalui situs rumahsubsidi.pu.go.id yang merupakan laman resmi milik Kementerian PUPR yang menyediakan informasi mengenai ketersediaan rumah subsidi di seluruh provinsi Indonesia.

Situs ini juga dapat diakses oleh para pengembang yang mau memasukkan data perumahan bersubsidinya. Di situs ini tersedia fitur informasi mengenai lokasi rumah subsidi, data luas bangunan, jumlah kamar, luas tanah, tipe rumah hingga nama pengembang.

Para calon pembeli hanya perlu memasukkan kategori data perumahan subsidi yang hendak dicari, terutama lokasi provinsi dan kabupaten/kota, di kolom yang sudah tersedia.

Kedua, melalui situs SiKumbang https://sikumbang.ppdpp.id yang juga merupakan website resmi untuk pendataan perumahan berubsidi maupun tidak, berserta informasi lokasi hingga identitas pengembang.

Dalam website ini, informasi yang bisa diperoleh melalui situs ini adalah lokasi rumah bersubsidi yang masih tersedia, alamat, nama pengembang dan nomor kontaknya, serta peta digital perumahan.

Adapun bagi para calon pembeli rumah subsidi, pada tahap pertama bisa memilih lokasi rumah yang dituju berdasarkan provinsi, kecamatan dan kabupaten/kota.

Setelah itu, SiKumbang akan memperlihatkan hasil pencarian akan menyajikan lokasi perumahan, unit subsidi yang tersedia, unit komersil yang tersedia, kebutuhan unit rumah (permintan), serta jumlah idaman. Lalu, para calon pembeli dapat melihat detail lokasi dan akan tersedia foto rumah lengkap dengan detail rumah, lokasi, serta spesifikasi rumah.

SiKumbang akan melampirkan alamat dan kontak kantor pemasaran untuk masing-masing rumah yang diidamkan.

Ketiga, melalui aplikasi Sikasep yang terlebih dahulu harus diunduh di playstore. Sikasep menyediakan informasi dan layanan paling lengkap untuk para calon pembeli rumah subsidi.

Di aplikasi ini, calon pembeli tidak hanya bisa mengakses informasi lengkap tentang rumah subsidi yang masih tersedia, tetapi juga fasilitas lain terkait pengajuan pinjaman kredit pemilikan rumah (KPR) subsidi.

Direktur Utama Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Arief Sabaruddin mengatakan masyarakat yang tengah mencari rumah subsidi perlu mendaftar terlebih dahulu di Sikasep.

"Dengan menginstal Sikasep terlebih dahulu dan mendaftarkan diri di Sikasep," ujarnya kepada Bisnis pada Rabu (4/11/2020).

Para calon pembeli juga diimbau untuk mengontak perbankan agar dapat pengajuan rumah subsidi dapat ditindaklanjuti lebih cepat.

"Banknya mau apa ya masyarakat yang milih. Bank bisa engakses data pengajuan di Sikasep. Harga sesuai dengan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah, lokasi bisa pilih di Sikasep," tutur Arief.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perumahan rumah bersubsidi Kementerian PUPR
Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top