Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 1 Beroperasi Mulai Pekan Depan

Kepala BPJT Danang Parikesit menyatakan bahwa pengoperasian Seksi I Jalan Tol Cimanggis-Cibitung akan dioperasikan tanpa tarif mulai Selasa, 10 November 2020.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 04 November 2020  |  11:46 WIB
Gerbang Tol Cimanggis 2, ruas tol Jagorawi - Jasamarga
Gerbang Tol Cimanggis 2, ruas tol Jagorawi - Jasamarga

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menyatakan bahwa ruas tol Cimanggis—Cibitung bakal beroperasi pekan depan.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjelaskan bahwa proyek jalan tol sepanjang 26,2 km tersebut terdiri atas Seksi I (Junction Cimanggis—On/Off Ramp Jatikarya) sepanjang 2,8 km dan Seksi II (On/Off Ramp Jatikarya—Junction Cibitung) sepanjang 23,4 km dan untuk seksi 1 saat ini sudah rampung konstruksinya dan siap operasi penuh.

"Kehadiran ruas ini akan menambah kapasitas jalan dan melengkapi struktur jaringan jalan pada kawasan metropolitan Jabodetabek sebagai pusat kegiatan nasional. Kehadiran jalan tol yang terhubung dengan kawasan-kawasan produktif ini akan dapat mengurangi biaya logistik dan meningkatkan daya saing investasi," ujarnya melalui siaran pers, Rabu (4/11/2020).

Jalan tol Cimanggis—Cibitung Seksi 1 akan beroperasi setelah diterbitkannya sertifikat laik operasi (SLO) oleh Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR dan berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 1540/KPTS/M/2020 tanggal 26 Oktober 2020 tentang Penetapan Pengoperasian Jalan Tol Cimanggis—Cibitung Seksi 1 (Junction Cimanggis—On/Off Ramp Jatikarya).

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Danang Parikesit menyatakan bahwa pengoperasian Seksi I Jalan Tol Cimanggis-Cibitung akan dioperasikan tanpa tarif mulai Selasa, 10 November 2020.

“Dibukanya ruas ini tanpa tarif merupakan bagian dari sosialisasi kepada masyarakat hingga akhir November 2020,” ujar Danang.

Selanjutnya, pembangunan Seksi 2 ruas On/Off Ramp Jatikarya—Junction Cibitung saat ini progres konstruksinya telah mencapai 73 persen dan ditargetkan konstruksinya selesai pada Maret 2021.

Pembangunannya dilaksanakan oleh PT Cimanggis Cibitung Tollways dengan kerja sama kepemilikan saham antara PT Waskita Toll Road, PT Bakrie Toll Indonesia, dan PT Bakrie and Brothers Tbk., dengan total investasi sebesar Rp10,6 triliun.

Jalan tol Cimanggis—Cibitung merupakan bagian dari 6 ruas Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR II), yang terdiri atas jalan tol Cengkareng—Batu Ceper—Kunciran (14,2 km), Kunciran—Serpong (11,4 km), Serpong—Cinere (10,1 km), Cinere—Jagorawi (14,6 km), Cimanggis—Cibitung (26,2 km), dan Cibitung—Cilincing (34 km).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan tol Tol Cimanggis-Cibitung
Editor : Zufrizal

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

To top