Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tingkatkan Kualitas Pelatihan, Kartu Prakerja Gandeng Kampus dan Akademisi

Dalam hal ini, Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja menggandeng Institut Pertanian Bogor (IPB) di Bogor untuk melakukan pemantauan terhadap penyelenggaraan pelatihan dalam ekosistem Prakerja.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 03 November 2020  |  13:26 WIB
Warga mencari informasi tentang pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang kedua di Jakarta, Senin (20/4/2020).  - ANTARA
Warga mencari informasi tentang pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang kedua di Jakarta, Senin (20/4/2020). - ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah menyatakan komitmennya untuk terus meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), salah satunya melalui pelatihan dalam program Kartu Prakerja.

Dalam hal ini, Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja menggandeng Institut Pertanian Bogor (IPB) di Bogor untuk melakukan pemantauan terhadap penyelenggaraan pelatihan dalam ekosistem Prakerja.

Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan dan UMKM, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Rudy Salahuddin mengatakan pemantauan tersebut bertujuan untuk menjaga standar mutu Pelatihan yang diselenggarakan bagi Penerima Kartu Prakerja.

"Hal ini merupakan sebuah langkah yang tepat dalam mendorong penguatan tata kelola serta meningkatkan akuntabilitas program Kartu Prakerja ke depan," katanya dalam Pembangunan SDM di masa pandemi”, Selasa (3/11/2020).

Rudy mengatakan melalui program Kartu Prakerja, diharapkan kompetensi para pencari kerja baru, pencari kerja yang alih profesi, atau korban PHK dapat ditingkatkan di masa pandemi Covid-19 ini.

"Tentunya untuk bisa membawa dampak jangka menengah dan panjang," ujarnya.

Adapun, sebelumnya Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja telah menandatangani Nota Kesepahaman dengan Universitas Indonesia, Universitas Katolik Atmajaya, dan Indonesia Mengajar untuk melakukan asesmen terhadap pelatihan yang diusulkan oleh lembaga pelatihan.

Asesmen tersebut merupakan bagian dari syarat diterimanya suatu pelatihan ke dalam ekosistem Prakerja. Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian nomor 11 tahun 2020 pasal 32 ayat 4 yang mengatur pelibatan ahli dalam asesmen pelatihan.

Program Kartu Prakerja saat ini digelar di 7 platform digital dengan 147 lembaga pelatihan yang menawarkan lebih dari 1.534 pelatihan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kampus kartu prakerja
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top