Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ingin Tahu Realisasi Subsidi Bunga dan Subsidi Gaji Pekerja, Cek Di Sini!

Bantuan kepada dua kelompok, yakni UMKM dan pekerja, yang terdampak pandemi ini dibagi dalam tiga program yakni bagi pelaku usaha mikro (BPUM), subsidi bunga dan subsisi upah atau gaji.
Edi Suwiknyo
Edi Suwiknyo - Bisnis.com 21 Oktober 2020  |  08:18 WIB
Sejumlah buruh pabrik pulang kerja di kawasan Cikupa, Kabupaten Tangerang, Banten, Jumat (17/4/2020). - ANTARA FOTO/Fauzan
Sejumlah buruh pabrik pulang kerja di kawasan Cikupa, Kabupaten Tangerang, Banten, Jumat (17/4/2020). - ANTARA FOTO/Fauzan

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah terus menggenjot penyaluran bantuan kepada sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) maupun pekerja.

Selain dimaksudkan untuk meringankan beban bagi UMKM atau pekerja yang terdampak pandemi Covid - 19, pemberian bantuan tersebut juga diharapkan bisa mempercepat proses pemulihan ekonomi nasional.

Data Ditjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan sampai 16 Oktober 2020, realisasi bantuan kepada dua kelompok terdampak pandemi ini dibagi dalam tiga program yakni bagi pelaku usaha mikro (BPUM), subsidi bunga dan subsisi upah atau gaji.

Khusus BPUM sampai (16/10/2020) realisasinya telah mencapai Rp21,97 triliun. Bantuan ini telah disalurkan oleh pemerintah kepada 9,15 juta pelaku usaha mikro.

Otoritas fiskal menjelaskan penyaluran BPUM yang bukan merupakan pinjaman (melainkan bersifat hibah) dilakukan berdasarkan data dari Kementerian Koperasi dan UKM.

Sementara untuk subsidi bunga kredit usaha rakyat (KUR) telah disalurkan senilai Rp1,69 triliun atau 34 persen dari pagu. Penyaluran subsidi tersebut dilakukan melalui 24 lembaga penyalur. Sedangkan subsidi bunga non-KUR telah terealisasi senilai Rp2,12 triliun 7,8 persen dari pagu untuk 7,94 juta debitur.

Adapun, subsidi gaji atau upah kepada buruh yang terdampak pandemi covid-19 telah mencapai Rp14,8 triliun yang disalurkan kepada 12,4 juta buruh.

Subsidi ini diberikan kepada pekerja atau buruh sebesar Rp600.000 per bulan selama 4 bulan dengan pembayaran per 2 bulan yang penyalurannya didasarkan pada data BPJS Ketenagakerjaan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Subsidi Bunga subsidi gaji
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top