Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Selama Pandemi, Hiswana Migas Sebut Konsumsi LPG Meningkat

Himpunan Wiraswasta Nasional (Hiswana) Minyak dan Gas Bumi mencatat adanya tren kenaikkan konsumsi untuk wilayah Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 02 Oktober 2020  |  20:28 WIB
Pekerja menata tabung LPG 3 kilogram di salah satu agen gas di Jakarta, Selasa (6/8/2019). Bisnis - Arief Hermawan P
Pekerja menata tabung LPG 3 kilogram di salah satu agen gas di Jakarta, Selasa (6/8/2019). Bisnis - Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA -  Himpunan Wiraswasta Nasional (Hiswana) Minyak dan Gas Bumi menyebut adanya kenaikan konsumsi liquified petroleum gas selama masa pandemi Covid-19.

Ketua DPD III Hiswana Migas, Juan Tarigan mengatakan untuk penjualan liquified petroleum gas (LPG) khususnya untuk ukuran 3 kilogram. Pihaknya mencatat adanya tren kenaikkan konsumsi untuk wilayah Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat.

Menurut dia, kenaikkan tersebut seiring dengan meningkatnya aktivitas masyarakat di rumah karena diberlakukannya PSBB.

"Tidak besar sih, karena kan kami dibatasi oleh kuota yang diberikan oleh pemerintah," katanya kepada Bisnis, Kamis (1/10/2020).

Sebelumnya, Pertamina Marketing Operation Region (MOR) III  mencatat konsumsi LPG untuk wilayah Jawa bagian barat yakni DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat relatif stabil.

Unit Manager Communication, Relations & CSR MOR III Dewi Sri Utami pada konsumsi LPG untuk sektor rumah tangga, yakni produk LPG subsidi 3 kilogram (kg), Bright Gas 5,5 kg dan 12 kg, mencapai 7.126 Metric Ton (MT) per hari. Konsumsi ini relatif sama dibandingkan konsumsi pada kondisi normal yaitu 7.150 MT per hari.

“Untuk LPG Non Subsidi cenderung turun terutama di wilayah Jakarta. Pasalnya, beberapa warga yang semula berdomisili di Jakarta, kembali ke kampung asalnya. Selain itu, tutupnya beberapa usaha kuliner dan restoran karena tidak beroperasi selama masa PSBB,” jelasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

lpg hiswana migas
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top