Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ITS Surabaya Bikin Kapal Nirawak, Menhub Minta Swasta Dukung

Menhub Budi menilai upaya ITS Surabaya untuk membuat teknologi kapal otomatis yang bisa bergerak tanpa perlu adanya awak perlu mendapatkan dukungan dari pihak swasta.
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. /Kemenhub
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. /Kemenhub

Bisnis.com, JAKARTA - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya meluncurkan teknologi kapal otomatis yang bisa bergerak tanpa perlu adanya awak. Kapal ini disebut sebagai titik balik pengembangan teknologi maritim Indonesia.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan sudah saatnya Indonesia menguasai teknologi maritim karena Indonesia memiliki potensi maritim yang sangat besar. Apalagi 66 persen dari luas wilayah Indonesia adalah lautan.

“Pandemi Covid 19 membuat Indonesia dihadapkan pada situasi yang tidak menentu dan tidak jarang mengurangi produktivitas. Sebaliknya, akademisi ITS justru tetap dapat berkreasi dan mengembangkan Kapal Autonomous atau I-Boat ini membuktikan bahwa karya anak bangsa tidak kalah dari negara lain yang bisa memberi sumbangsih bagi pengembangan maritim Indonesia”, katanya saat soft launching secara virtual hari ini, Selasa (29/9/2020).

Kapal Autonomous yang dikembangkan oleh ITS ini akan menjadi satu terobosan dalam transportasi logistik dan transportasi dalam kondisi bencana, karena dapat menjangkau daerah-daerah yang sulit diakses oleh kapal berawak.

Budi Karya juga berkomitmen untuk selalu mendukung inovasi anak negeri, termasuk yang datang dari ITS. Terlebih jika inovasi tersebut memiliki dampak nyata bagi pengembangan transportasi di Tanah Air.

“Saya mengapresiasi kerja keras ITS dalam karyanya membuat Kapal Autonomous ini dan juga menghimbau kepada pihak swasta, masyarakat, media bahwa karya seperti ini harus kita dukung, hargai, beri ruang, dan kita gunakan untuk kemajuan bangsa dan negara kita,” ujarnya.

Lebih lanjut, dia mengajak semua pihak khususnya pihak perguruan tinggi, pelaku usaha, pemerintah dan komunitas untuk berkolaborasi agar hilirisasi produk inovasi seperti yang diciptakan ITS dapat berjalan dengan lancar. Hilirisasi sangatlah penting, agar produk inovasi ini tidak berhenti di kampus, melainkan dapat dimanfaatkan masyarakat secara lebih luas.

Menhub mengingatkan bahwa di tingkat Pendidikan Tinggi, inovasi menjadi sangat penting jika Indonesia ingin memenangkan kompetisi di masa depan. ITS telah menjalankan tugasnya dengan baik, melalui inovasi dan pembangunan Sumber Daya Manusia yang berkualitas dan terbukti telah memberikan kontribusi yang luar biasa bagi bangsa dan negara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper