Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Antusiasme Warga Jajal Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 4 Cukup Besar

Hingga Minggu (27/9/2020), secara kumulatif total kendaraan yang melintas di jalan tol Sigli—Banda Aceh Seksi 4 mencapai 60.405 kendaraan.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 29 September 2020  |  14:21 WIB
Setelah Uji Laik Fungsi (ULF) di JTTS ruas Sigli-Banda Aceh (Sibanceh) seksi 4 (Indrapuri-Blang Bintang) pada 11-18 Juni 2020, Hutama Karya telah memperoleh Surat Keputusan (SK) Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tentang Penetapan dan Pengoperasian Jalan Tol Sigli Banda Aceh Seksi 4 (Indrapuri-Blang Bintang).  - Hutama Karya
Setelah Uji Laik Fungsi (ULF) di JTTS ruas Sigli-Banda Aceh (Sibanceh) seksi 4 (Indrapuri-Blang Bintang) pada 11-18 Juni 2020, Hutama Karya telah memperoleh Surat Keputusan (SK) Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tentang Penetapan dan Pengoperasian Jalan Tol Sigli Banda Aceh Seksi 4 (Indrapuri-Blang Bintang). - Hutama Karya

Bisnis.com, JAKARTA — Satu bulan sudah jalan tol Trans-Sumatra ruas Sigli—Banda Aceh Seksi 4 yakni Indrapura—Blang Bintang beroperasi secara gratis atau belum berbayar setelah mulai dibuka untuk umum pada Rabu (26/8/2020).

Waktu sebulan ini merupakan masa sosialisasi yang wajib dilakukan di setiap ruas tol yang baru beroperasi sebelum nantinya dikeluarkan Surat Keputusan Penetapan Tarif Tol oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Executive Vice President Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol Hutama Karya, J. Aries Dewantoro mengatakan bahwa selama sebulan dioperasikan, jalan tol pertama di Aceh mendapatkan atensi yang cukup baik dari pengguna jalan.

Hal ini tergambar dari volume lalu lintas kendaraan di ruas tol Sigli—Banda Aceh Seksi 4 ini yang terus meningkat dari minggu ke minggu.

“Seminggu pertama awalnya volume lalu lintas kendaraan yang melintas hanya 13.132 kendaraan. Namun, pada minggu kedua kendaraan yang melintas meningkat hingga 13.958 kendaraan,” ujar Aries melalui siaran pers, Selasa (29/9/2020).

Lebih lanjut, Aries mengatakan bahwa hingga Minggu (27/9/2020), secara kumulatif total kendaraan yang melintas di jalan tol Sigli—Banda Aceh Seksi 4 mencapai 60.405 kendaraan.

“Total tersebut merupakan akumulasi kendaraan yang masuk melalui gerbang tol Blang Bintang karena saat ini baru satu seksi saja yang dioperasikan. Harapan kami jika jalan tol Sigli—Banda Aceh terhubung sepenuhnya, volume lalu lintasnya pun nantinya akan meningkat dengan sendirinya,” tambah Aries.

Selama masa sosialisasi, Hutama Karya selaku pengelola jalan tol Sigli—Banda Aceh Seksi 4 ini telah melakukan berbagai kegiatan sosialisasi dan imbauan secara masif mengenai tata tertib berkendara di jalan tol dan cara penggunaan kartu uang elektronik.

Karena ini merupakan jalan tol pertama di Provinsi Aceh, Hutama Karya mengimbau agar seluruh pengguna jalan agar dapat mematuhi ketentuan dan tata tertib yang berlaku di jalan tol, menjaga jarak aman kendaraan, serta untuk selalu berhati-hati dan tetap menjaga kecepatan berkendara maksimum di rata-rata 60 km—80 km/jam.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan tol aceh
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top