Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pasok Rumah di AS Menyusut, Permintaan Tertinggi dalam 14 Tahun

Pasokan rumah baru di Amerika Serikat tersendat. Kondisi itu justru disikapi pasar dengan peningkatan permintaan terhadap residensial dengan jumlah tertinggi dalam hampir 14 tahun.
Ilustrasi perumahan di Amerika Serikat./Bloomberg/Chris Rank
Ilustrasi perumahan di Amerika Serikat./Bloomberg/Chris Rank

Bisnis.com, JAKARTA – Penjualan rumah baru di Amerika Serikat secara tak terduga naik untuk bulan keempat pada Agustus ke level tertinggi dalam hampir 14 tahun, karena tingkat suku bunga hipotek terendah terus menarik pembeli ke pasar dengan pasokan yang terus menyusut.

Pembelian rumah pertama keluarga baru meningkat 4,8 persen, dipimpin oleh permintaan di wilayah Selatan, setelah kenaikan 14,7 persen yang direvisi naik pada Juli, demikian data pemerintah yang dilansir Bloomberg. 

Harga jual rata-rata turun dari tahun sebelumnya menjadi US$312.800 dan jumlah rumah yang dijual turun ke level terendah hampir 3 tahun.

Data terbaru menyoroti momentum di pasar perumahan, didorong oleh biaya pinjaman yang rendah dan keinginan untuk properti baru selama pandemi yang menyebabkan lebih banyak warga Negeri Paman Sam itu bekerja dari rumah.

Namun, sulit untuk mengukur berapa lama permintaan yang kuat tersebut akan bertahan, mengingat skala PHK dan potensi PHK pada masa depan tanpa paket bantuan fiskal federal.

Tingkat penjualan tahunan dalam 4 bulan terakhir meningkat lebih dari 77 persen, tertinggi dalam periode yang sebanding sejak 1980.

Penjualan meningkat di dua dari empat wilayah yang dipimpin oleh Selatan, yang merupakan wilayah terbesar, dengan pembelian melonjak 13,4 persen ke level tertinggi sejak 2005. Permintaan juga meningkat di wilayah Timur Laut.

Namun, pasokan rumah baru terus menurun. Pada laju penjualan saat ini, diperlukan waktu 3,3 bulan untuk menghabiskan pasokan, kerangka waktu terpendek dalam catatan hingga 1963.

Penurunan 4,3 persen dalam harga jual rata-rata dari tahun lalu mencerminkan komposisi rumah yang terjual.

Sekitar 34.000 properti dengan harga mulai dari US$200.000 hingga hampir US$300.000 telah terjual, terbanyak dalam catatan sejak 2002. Sementara itu, lebih sedikit properti di kelas atas yang berpindah tangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper