Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Hyundai Percepat Pengembangan Mobilitas Udara Perkotaan

Hyundai Motor Company dan tiga mitranya mempercepat pengembangan Urban Air Mobility (UAM) dan bekerja sama untuk melakukan penerbangan uji. Mereka bersepakat untuk komersialisasi pada 2028.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 21 September 2020  |  17:09 WIB
Hyundai telah meluncurkan visi inovatifnya untuk mobilitas perkotaan dan konsep pertama kendaraan Urban Air Mobility yang dilengkapi dengan eVTOL di CES 2020.  - Hyundai
Hyundai telah meluncurkan visi inovatifnya untuk mobilitas perkotaan dan konsep pertama kendaraan Urban Air Mobility yang dilengkapi dengan eVTOL di CES 2020. - Hyundai

Bisnis.com, JAKARTA - Hyundai Motor Company dan tiga mitranya mempercepat pengembangan Urban Air Mobility (UAM) dan bekerja sama untuk melakukan penerbangan uji. Mereka bersepakat untuk komersialisasi pada 2028.

Ketiga partner Hyundai tersebut adalah Incheon International Airport Corp. (IIAC), Hyundai Engineering & Construction Co. dan KT Corporation. Mereka menandatangi nota kesepahaman pada 18 September, untuk bekerja menuju komersialisasi UAM pada 2028.

Pada Juni 2020, pemerintah Korea mengumumkan Peta Jalan UAM Korea, yang menguraikan langkah-langkah yang diperlukan untuk mengkomersialkan UAM.

Hyundai Motor dan mitranya akan menyelaraskan dengan peta jalan yang mencakup Korean UAM Grand Challenge, proyek demonstrasi bersama publik-swasta yang memberikan dasar untuk bersama-sama mempelajari konstruksi dan pengoperasian vertiports, bandara untuk UAM.

Hyundai akan mendorong pengembangan bisnis UAM dan mengamankan kasus bisnis sementara IIAC akan bekerja untuk membangun infrastruktur dan mempelajari kelayakan penggunaan UAM sebagai angkutan bandara.

Hyundai Construction akan memanfaatkan keahliannya untuk membangun vertiports serta hub transit yang akan menghubungkan UAM ke transportasi umum lainnya. KT akan menyiapkan infrastruktur komunikasi dan menjadikan kasus bisnis untuk UAM sebagai layanan mobilitas.

Keempat pihak akan berbagi informasi yang diperlukan selama pengembangan serta bekerja sama dalam uji penerbangan.

“Luas dan dalamnya kemitraan ini menunjukkan apa yang diperlukan untuk membangun ekosistem UAM yang komprehensif untuk melayani kota-kota besar seperti Seoul,” kata Jaiwon Shin, Wakil Presiden Eksekutif dan Kepala Divisi Mobilitas Udara Perkotaan di Hyundai Motor, Senin (21/9/2020).

Menurutnya, membangun infrastruktur yang kuat dan model bisnis itu sama pentingnya dengan mengembangkan kendaraan UAM yang inovatif. Kemitraan ini menunjukkan komitmen Hyundai untuk memfasilitasi kemajuan umat manusia dengan mengantarkan era baru mobilitas udara perkotaan yang akan merevolusi transportasi.

Pada CES 2020, Hyundai telah meluncurkan visi inovatifnya untuk mobilitas perkotaan dan konsep pertama kendaraan Urban Air Mobility yang dilengkapi dengan eVTOL.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pesawat airbus Hyundai Motor Pesawat R80
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top