Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

10 Negara Dapat Cap ‘Aman’ Covid 19, Ada Indonesia?

Sejak Mei 2020, ratusan negara di dunia telah mendapatkan stempel keamanan dari World Travel & Tourism Council (WTTC).
Amanda Kusumawardhani
Amanda Kusumawardhani - Bisnis.com 27 Agustus 2020  |  16:02 WIB
Seniman menghibur wisatawan di atas kapal Sea Safari Cruise 9 yang berlayar di perairan Benoa, Bali. - Antara/Fikri Yusuf
Seniman menghibur wisatawan di atas kapal Sea Safari Cruise 9 yang berlayar di perairan Benoa, Bali. - Antara/Fikri Yusuf

Bisnis.com, JAKARTA – Sudah 3 bulan sejak World Travel & Tourism Council (WTTC) merilis stempel aman terhadap Covid-19 kepada sejumlah negara untuk memberikan panduan keamanan bagi wisatawan yang ingin bepergian ke luar negeri.

Sejak Mei 2020, ratusan negara dan kawasan telah mendapatkan stempel keamanan tersebut. Dikutip dari travelpulse.com, berikut ini ada 10 besar negara yang sudah menjalankan protocol kesehatan yang ketat dan mendapatkan stempel aman dari WWTC.

  1. Aruba

Aruba mulai menyambut kedatangan wisatawan internasional, termasuk dari Amerika Serikat pada musim panas ini.

Seperti kebanyakan negara-negara lainnya, wisatawan yang datang ke kawasan ini harus melakukan uji tes Covid19 dan mengimplementasikan protokol kesehatan yang ketat.  

  1. Bulgaria

Bulgaria merupakan salah satu negara di Eropa yang dipuji akibat respons cepatnya terhadap pandemi Covid-19.

“Kami menyambut baik inisiatif perjalanan aman dari WWTC yang akan mendukung kebangkitan industri pariwisata dan memulihkan kepercayaan wisatawan,” kata Menteri Pariwisata Bulgaria Nikolina Angelkova.

  1. Kosta Rika

Menteri Pariwisata Kosta Rika Gustavo J. Segura menyebut stempel aman dari WWTC merupakan sebuah kebanggan bagi kawasan ini. Stempel tersebut juga diyakini memperkuat citra Kosta Rika sebagai destinasi pariwisata selama ini.

  1. Kroasia

Kroasia adalah salah satu dari negara Eropa yang terbuka bagi warga Amerika dan juga yang telah mengadopsi kriteria perjalanan aman yang dirilis WWTC.

  1. Ekuador

Ekuador baru-baru ini masuk dalam daftar negara yang mendapatkan stempel perjalanan aman dari WWTC.

Negara ini juga sudah membuka diri untuk kedatangan wisatawan internasional dengan tetap melampirkan surat bebas Covid-19 dan syarat karantina mandiri selama 14 hari sejak kedatangan.

  1. Mesir

Mesir mendapatkan stempel perjalanan aman dari WWTC, tak lama setelah membuka perbatasannya pada 1 Juli 2020.

  1. Grenada

Semua pekerja pariwisata di Grenada telah mengikuti sertifikasi Infection Control Training dan negara ini juga masuk dalam daftar negara aman versi WWTC.

  1. Indonesia

Indonesia baru-baru ini masuk ke dalam jajaran negara yang mendapakan stempel perjalanan aman dari WWTC karena dinilai telah mengaplikasikan Cleanliness, Health, Safety and Environment (CHSE) melalui kampanye ‘Indonesia Care’.

  1. Jamaika

Jamaika termasuk beberapa negara yang terdaftar paling awal dalam mengaplikasikan protocol kesehatan di destinasi pariwisata yang diinisiasi oleh WWTC.

  1. Yordania

Yordania terus menjadi contoh mengesankan dari destinasi pariwisata di Timur Tengah melalui adopsi protocol kesehatan yang ketat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pariwisata covid-19 Protokol Pencegahan Covid-19
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top