Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jokowi: Krisis Memaksa Pemerintah Geser 'Channel' Cara Kerja ke 'Smart Short Cut'

Secara prosedur, cara kerja pemerintah pun dipaksa berubah. Dari prosedur panjang dan berbelit menjadi smart short cut.
Setyo Aji Harjanto
Setyo Aji Harjanto - Bisnis.com 14 Agustus 2020  |  10:11 WIB
Presiden Joko Widodo (kiri) bersama Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyapa anggota DPR saat mengahadiri Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR-DPD di Jakarta, Jumat (14/8/2020). Biro Pers Sekretariat Presiden - Muchlis Jr
Presiden Joko Widodo (kiri) bersama Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyapa anggota DPR saat mengahadiri Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR-DPD di Jakarta, Jumat (14/8/2020). Biro Pers Sekretariat Presiden - Muchlis Jr

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo mengatakan pandemi Covid-19 telah memaksa pemerintah untuk menggeser 'channel' cara kerja. Dari cara normal, lanjut dia, menjadi cara ekstra-normal.

"Krisis ini telah memaksa kita untuk menggeser channel cara kerja. Dari cara-cara normal menjadi cara-cara ekstra-normal," kata Jokowi dalam pidatonya pada sidang tahunan MPR dan DPR, Jumat (14/8/2020).

Secara prosedur, menurut Jokowi, cara kerja pemerintah pun dipaksa berubah. Dari prosedur panjang dan berbelit menjadi smart short cut.

"Dari orientasi prosedur menjadi orientasi hasil.Pola pikir dan etos kerja kita harus berubah. Fleksibilitas, kecepatan, dan ketepatan sangat dibutuhkan," katanya.

Dia mengatakan pemerintah harus memprioritaskan efisiensi, kolaborasi, dan penggunaan teknologi.

"Kedisiplinan nasional dan produktivitas nasional harus ditingkatkan," katanya. Untuk itu, kata dia, jangan sia-siakan pelajaran yang diberikan oleh krisis. Dia mengatakan jangan biarkan krisis membuahkan kemunduran.

"Justru momentum krisis ini harus kita bajak untuk melakukan lompatan kemajuan," katanya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi krisis ekonomi kebijakan pemerintah Virus Corona
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top