Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Dicari! Investor Terminal Tipe A di Kalimantan, Ini Daftarnya

Kemenhub menawarkan investasi terminal tipe A di Kalimantan melalui skema KPBU, karena pengelolaan saat ini masih belum optimal.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 12 Agustus 2020  |  13:17 WIB
Sejumlah calon penumpang bus menunggu keberangkatan di Terminal Tipe A Mengwi, Badung, Bali, Minggu (26/5/2019). - ANTARA/Fikri Yusuf
Sejumlah calon penumpang bus menunggu keberangkatan di Terminal Tipe A Mengwi, Badung, Bali, Minggu (26/5/2019). - ANTARA/Fikri Yusuf

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menawarkan investasi terminal tipe A di wilayah Kalimantan untuk dilaksanakan melalui skema kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU).

Direktur Prasarana Transportasi Jalan Risal Wasal mengatakan tantangan keterbatasan anggaran pemerintah dalam melakukan pembangunan saat ini dilalui oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) Kementerian Perhubungan dengan melaksanakan KPBU.

Ditjen Hubdat melaksanakan Konsultasi Publik sebagai salah satu tahapan perencanaan proyek dalam KPBU terkait Pengembangan Terminal Tipe A di Kalimantan yang diharapkan akan dapat meningkatkan kapasitas dan kapabilitas infrastruktur transportasi.

“Pada tahun ini, proyek KPBU akan diterapkan di beberapa Terminal Tipe A di Kalimantan, antara lain Terminal Sei Ambawang Kab. Kubu Raya, Terminal Singkawang Kota Singkawang, Terminal WA Gara Kota Palangkaraya, Terminal Gambut Barakat Kab. Banjar, Terminal Samarinda Seberang Kota Samarinda, dan Terminal Batu Ampar Kota Balikpapan,” paparnya dalam keterangan resmi, Rabu (12/8/2020).

Dia mengakui bahwa hingga saat ini sebagian besar kondisi fasilitas utama dan penunjang serta pengelolaan Terminal Tipe A belum optimal dan masih menggunakan pola lama, sehingga perlu adanya peningkatan fasilitas serta perubahan pola terminal dari pola lama menjadi transit oriented development (TOD) dengan mixed use.

“Dengan demikian, pengembangan Terminal Tipe A dengan konsep mixed use ini akan mendukung pengembangan daerah di sekitar terminal, mengurangi kemacetan yang terjadi di beberapa ruas jalan, berpotensi menambah kunjungan penumpang ke terminal," katanya.

Potensi lainnya dapat meningkatkan pendapatan daerah di sekitar lokasi, meningkatkan potensi permintaan hotel, restoran dan wahana wisata, serta memberdayakan potensi produk dan kesenian masyarakat setempat.

Konsultasi Publik ini pun dilakukan bertujuan untuk mendapatkan masukan dari pemangku kepentingan dan seluruh peserta konsultasi publik dapat guna penyempurnaan studi pendahuluan untuk selanjutnya dapat digunakan sebagai dasar pada tahap penyiapan KPBU atau penyiapan outline business case (OBC).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kemenhub terminal bus
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top