Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rencana Induk Perkeretaapian, Kemenhub Fokus Makassar-Parepare

Kemenhub akan fokus untuk menyelesaikan jalur KA Makassar-Parepare yang termasuk dalam rencana induk perkeretaapian, untuk menunjang arus pengiriman barang.
Ilustrasi proyek rel kereta api. /Bisnis.com
Ilustrasi proyek rel kereta api. /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah memiliki rencana induk perkeretaapian hingga 2030 termasuk di dalamnya adalah pengembangan secara bertahap jalur rel di luar Pulau Jawa.

Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Zulfikri mengatakan rencana induk tersebut diperlukan karena sifat kereta api yang massal untuk dimanfaatkan sebagai angkutan massal baik barang maupun penumpang.

Rencana induk perkeretaapian tersebut juga memetakan kawasan industri yang memiliki potensi angkutan barang cukup besar di luar pulau Jawa. Kondisi tersebut dikarenakan potensinya populasinya yang tidak sebesar di pulau Jawa.

Termasuk diantaranya investor yang baru saja tertarik untuk masuk di angkutan batu bara Kalimantan tetapi masih memperhitungkan nilai kelayakannya. Namun, sejauh ini, untuk luar Pulau Jawa, KAI baru mengembangkan pembangunan Jalur Makassar – ParePare.

“Tentunya sekarang untuk luar pulau Jawa konsentrasinya masih di Makassar - Pare-Pare. Itu pun lebih banyak ke logistik karena manusianya tidak sebanyak di pulau Jawa,” jelasnya, Selasa (11/8/2020).

Proyek Kereta Api Makassar – Pare Pare sepanjang 144 km merupakan bagian dari jaringan kereta api Trans Sulawesi yang akan menghubungkan seluruh Pulau Sulawesi. Secara signifikansi, proyek tersebut merupakan sarana perkeretaapian Sulawesi Selatan yang dapat berperan sebagai sarana transportasi untuk mendukung permintaan angkutan penumpang dan perpindahan barang.

Hingga kini, proyek tersebut masih dalam tahap konstruksi setelah pada 6 Februari 2019, telah ditetapkan secara resmi pemenang lelang KPBU adalah konsorsium PT PP (Persero) – PT Bumi Karsa – PT China Communications Construction Engineering Indonesia – PT Iroda Mitra.

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan telah melakukan evaluasi progres pembangunan jalur Kereta Api (KA) Makassar - Parepare dengan Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah melalui video konferensi (virtual).

Berdasarkan kondisi yang ada, saat ini sudah ada aliran dana untuk pembebasan lahan jalur KA Makassar-Parepare.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper