Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

5 Berita Populer Ekonomi, Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2020 Diprediksi Minus 2,2 Persen dan PPI Siap Serap Ayam Hidup Potong dari Peternak Mandiri

Berita bantuan gaji Rp600.000 dari pemerintah, BPJS Ketenagakerjaan andalkan data HRD jadi berita terpopuler kanal Ekonomi hari ini, Selasa (11/08/2020).
Laras Devi Rachmawati
Laras Devi Rachmawati - Bisnis.com 11 Agustus 2020  |  16:50 WIB
Pegawai melintasi logo BPJS Ketenagakerjaan di Kantor Cabang BP Jamsostek di Menara Jamsostek, Jakarta, Jumat (10/7/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Pegawai melintasi logo BPJS Ketenagakerjaan di Kantor Cabang BP Jamsostek di Menara Jamsostek, Jakarta, Jumat (10/7/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

1. Bantuan Gaji Rp600.000 dari Pemerintah, BPJS Ketenagakerjaan Andalkan Data HRD

BPJS Ketenagakerjaan meminta peserta yang layak mendapat bantuan Rp600.000 dari pemerintah aktif berkomunikasi dengan HRD untuk menyampaikan rekening kepada badan.

Dalam laman BPJS Ketenagakerjaan yang dilihat Selasa, (11/8/2020), pekerja yang mendapat bantuan Rp600.000 dari pemerintah adalah peserta BPJS Ketenagakerjaan. Selain itu, penerima bantuan Rp600.000 dari pemerintah memiliki gaji di bawah Rp5 juta.

Baca berita selengkapnya di sini.

2. Syarat Rapid Test dan PCR Dihapus, Ini Dampaknya bagi Maskapai

Rencana Gugus Tugas Penanganan Covid-19 untuk mencabut syarat rapid test ataupun PCR test bagi penumpang pesawat belum tentu signifikan menggerakkan animo masyarakat untuk bepergian.

Executive Vice President TransNusa Bayu Sutanto mengetahui adanya rencana pencabutan salah satu poin yang selama ini menjadi syarat naik pesawat tersebut. Namun, kedua tes tersebut sebetulnya bertujuan untuk mendeteksi seseorang memiliki resiko tertular Covid-19. Oleh karena itu, tak bisa langsung mempengaruhi langsung minat bepergian.

Baca berita selengkapnya di sini.

3. Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2020 Diprediksi Minus 2,2 Persen

Pertumbuhan ekonomi Indonesia diprediksi akan mengalami pertumbuhan negatif pada 2020, menyusul realisasi di kuartal kedua yang tercatat minus 5,32 persen secara year-on-year (yoy).

Peneliti Ekonomi Senior Institut Kajian Strategis (IKS) Universitas Kebangsaan Republik Indonesia Eric Alexander Sugandi sebelumnya memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada akhir tahun akan turun 1,0 persen.

Baca berita selengkapnya di sini.

4. Penerima Subsidi Gaji Ditambah, Ini Syarat Dapat Bantuan Rp600.000 per Bulan

Pemerintah akan menambah penerima manfaat program subsidi gaji yang ditujukan kepada karyawan swasta dengan gaji di bawah Rp5 juta per bulan. Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengemukakan jumlah penerima ditambah dari yang awalnya sebanyak 13,8 juta orang menjadi 15,72 juta orang.

Dengan bertambahnya calon penerima, Ida menyatakan bahwa anggaran yang disiapkan pemerintah pun bertambah dari Rp33,1 triliun menjadi Rp37,7 triliun. Calon penerima sendiri merujuk pada data yang dihimpun melalui BPJS Ketenagakerjaan per 30 Juni 2020.

Baca berita selengkapnya di sini.

5. PPI Siap Serap Ayam Hidup Potong dari Peternak Mandiri

PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) atau PPI siap menyerap ayam siap potong atau livebird dari hasil para peternak mandiri untuk membantu menstabilkan harga dan mendorong margin para peternak.

Direktur Teknik dan Pengembangan PPI Prasetiyo Indroharto menyatakan belakangan ini harga jual ayam siap potong cenderung fluktuatif. Dalam situasi pandemi Covid-19, lanjutnya, serapan pasar menurun seiring dengan melemahnya kebutuhan dari berbagai sektor.

Baca berita selengkapnya di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Berita Terpopuler
Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top