Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KCI Uji Coba Sistem Antrean Penumpang KRL Online

KCI menguji coba sistem booking antrean stasiun KRL secara daring untuk mengantisipasi terjadinya penumpukan penumpang pada saat jam sibuk.
Rangkaian kereta rel listrik (KRL) melintas di kawasan Tanah Abang, Jakarta, Minggu (19/4/2020). Bisnis/Arief Hermawan P
Rangkaian kereta rel listrik (KRL) melintas di kawasan Tanah Abang, Jakarta, Minggu (19/4/2020). Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - PT Kereta Commuter Indonesia atau KCI masih menguji coba sistem booking antrean stasiun kereta rel listrik (KRL) secara daring.

VP Corporate Communication KCI Anne Purba mengatakan fitur booking antrian daring ini tersedia di aplikasi KRL Access terbaru yang dirilis pihak KCI di Play Store dan AppStore. Sebelum melakukan booking, pengguna bisa mengunduh aplikasi KRL Access terbaru.

“Kami sedang uji coba nih, secara resminya masih akan kami sosialisasikan menunggu waktu,” jelasnya, Kamis (30/7/2020).

Dia menambahkan setelah mengunduh, penumpang dapat memilih stasiun keberangkatan. Setelah stasiun dipilih maka akan muncul pilihan jam keberangkatan serta ketersediaan antrian.

Kemudian memilih jam keberangkatan yang diinginkan dan pastikan antrean di jam tersebut tersedia. Setelah dipilih aplikasi akan memastikan apakah pengguna akan mengambil jam antrean tersebut. Jika sudah yakin pilih "Ya" dan jam booking pilihan kita akan disimpan oleh sistem.

Pada menu Check-In, nantinya akan ada timer yang menghitung mundur sampai waktu yang kita pilih. Ketika waktu check-in sudah tiba, nantinya timer akan berubah warna dari yang sebelumnya berwarna merah menjadi hijau dan aplikasi akan memberitahukan kalau penumpang sudah diizinkan untuk memasuki stasiun dan timer akan kembali menghitung mundur berapa lama penumpang bisa melakukan Check-In.

Pihaknya berharap dengan hadirnya sistem booking antrean daring ini penumpang dapat mengatur kembali waktu keberangkatan mereka sehingga bisa mengurangi antrean masuk serta mengurangi kepadatan di stasiun.

Sebelumnya, KCI telah menambah frekuensi perjalanan kereta rel listrik (KRL) untuk lintas Bogor-Angke PP dan Manggarai-Tambun PP. Ada empat perjalanan tambahan yang mulai melayani pengguna mulai Senin (27/7/2020) sehingga total setiap harinya KCI mengoperasikan 966 perjalanan KRL.

Penambahan ini terdapat pada relasi Bogor – Angke PP dengan waktu keberangkatan dari Stasiun Bogor pukul 08.00 WIB, dan dari Stasiun Angke berangkat pukul 10.31 WIB.

Sementara itu, perjalanan lintas Manggarai–Tambun PP, berangkat dari Stasiun Manggarai pukul 12.36 WIB dan berangkat dari Stasiun Tambun pukul 13.30 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper