Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tol Manado—Kauditan Diresmikan Besok, Menteri PUPR Sudah di Lokasi

Rencananya, Presiden Jokowi dan rombongan akan meresmikan proyek ini tepatnya di simpang susun Kauditan, yang merupakan seksi 2A dari ruas tol Manado—Bitung.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 21 Juli 2020  |  17:30 WIB
Gerbang tol Manado-Bitung. - Bisnis
Gerbang tol Manado-Bitung. - Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA — Proyek jalan tol pertama di Sulawesi Utara yaitu ruas Manado—Kauditan sepanjang 20 kilometer yang menjadi bagian dari jalan tol Manado—Bitung yang dikelola PT Jasamarga Manado Bitung rencananya diresmikan operasionalnya oleh Presiden Joko Widodo, Rabu (21/7/2020).

Sekretaris Perusahaan PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Agus Setiawan menjelaskan bahwa saat ini beberapa pejabat terkait sudah berada di lokasi proyek menjelang peresmian tol tersebut.

"Menteri PUPR [Basuki Hadimuljono] dan Kepala BPJT [Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Danang Parikesit] sudah di lokasi proyek, di Manado," ujarnya kepada Bisnis, Selasa (21/7/2020).

Rencananya, Presiden Jokowi dan rombongan akan meresmikan proyek ini tepatnya di simpang susun Kauditan, yang merupakan seksi 2A dari ruas tol Manado—Bitung.

Data Kementerian PUPR mencatat jalan tol Manado—Bitung memiliki panjang keseluruhan 39 kilometer yang dibangun dengan skema kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU) yang terdiri atas dua paket pekerjaan.

Paket 1 sepanjang 14 kilometer merupakan ruas yang didukung konstruksinya oleh pemerintah (melalui viability gap fund) yang terbagi atas seksi 1A (Manado—Sukur) sepanjang 7 kilometer dan seksi 1B (Sukur—Air Madidi) sepanjang 7 kilometer.

Paket 2 sepanjang 25 kilometer menggunakan dana badan usaha jalan tol yang juga terbagi atas dua seksi, yaitu seksi 2A (Air Madidi—Danowudu) sepanjang 11,50 kilometer dan seksi 2B (Danowudu—Bitung) sepanjang 13,50 kilometer.

Jika nanti beroperasi penuh, jalan tol ini akan memangkas waktu perjalanan dari Manado—Bitung, yang sebelumnya diperlukan waktu 1 jam—1,5 jam menjadi 40 menit—50 menit.

Sebelumnya, PT Jasamarga Manado Bitung dalam akun Instagram resminya @jmmanadobitung mengungkapkan bahwa peresmian jalan tol Manado—Bitung ruas Manado—Kauditan itu akan dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo.

“Buat kamu yang ada di Manado dan sekitarnya, ada kabar gembira nih! Dua hari lagi, Jalan Tol Manado-Bitung akan segera diresmikan. Peresmian dihadiri langsung Presiden Joko Widodo lho,” tulis akun @jmmanadobitung, Senin (20/7/2020).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jasa marga tol manado-bitung
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top