Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Lemigas dan Medco Uji Coba Penambangan Minyak Terbuka

Metode penambangan minyak terbuka ini baru pertama kali dilakukan di Indonesia dan telah diimplementasikan secara komersial di Kanada.
Zufrizal
Zufrizal - Bisnis.com 19 Juli 2020  |  06:58 WIB
Skema uji coba penambangan miyak secara terbuka yang dilkukan Balitbang ESDM dan Meco E&P. - ESDM.go.id
Skema uji coba penambangan miyak secara terbuka yang dilkukan Balitbang ESDM dan Meco E&P. - ESDM.go.id

Bisnis.com, JAKARTA — Badan Layanan Umum PPPTMGB Lemigas Badan Litbang ESDM bersama PT Medco E&P Indonesia melaksanakan uji coba penambangan minyak terbuka di wilayah kerja Medco E&P di Desa Tanjung Laut, Kecamatan Suak Tapeh, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan.

Uji coba penambangan terbuka (open pit) bertujuan untuk mengetahui volume minyak yang bisa diambil, mitigasi lingkungan yang harus dilakukan, dan keekonomiannya sebagai dasar menentukan langkah selanjutnya.

Metode open pit oil mining ini baru pertama kali dilakukan di Indonesia dan telah diimplementasikan secara komersial di Kanada.

Koordinator Kelompok Pelaksana Penelitian dan Pengembangan (KP3) Teknologi Eksploitasi PPPTMGB Lemigas Usman Pasarai menjelaskan bahwa kegiatan di ini merupakan tindak lanjut Keputusan Menteri ESDM Nomor 111.K/11/MEM/2019 yang menugaskan Lemigas untuk bekerja sama dengan PT Medco E&P Indonesia melakukan uji coba open pit selama 4 bulan sampai 6 bulan.

"Uji coba penambangan minyak terbuka oil sands ini merupakan upaya Badan Litbang ESDM dan PT Medco E&P Indonesia dalam mencari terobosan teknologi yang sesuai guna meningkatkan produksi minyak nasional,” kata Usman seperti dikutip dari laman Kementerian ESDM.

Lemigas dan Medco E&P telah merintis uji coba metode ini pada skala laboratorium sejak 2018 dan kini dilanjutkan dengan ekskavasi untuk pengambilan sampel ore, yaitu batuan pasir yang jenuh minyak.

Uji coba ini menjadi bagian dari eksplorasi untuk mendapatkan data yang diperlukan dalam studi kelayakan. Para peneliti Lemigas akan menguji ore yang sudah diambil dan melakukan evaluasi atas aspek lingkungan dari operasi ekskavasi yang sudah dilakukan.

Manager Operasi PT Medco E&P Region Sumatra Selatan Sutami menjelaskan bahwa Medco E&P Indonesia dan Lemigas telah melaksanakan berbagai tahapan kegiatan, mulai dari prakontruksi seperti land acquisition, izin lingkungan, lalu konstruksi seperti land clearing, site preparation, pengambilan dan pengiriman ore ke laboratorium untuk pengujian recovery factor hingga kegiatan revegatasi lahan.

"Sosialisasi uji coba penambangan kepada masyarakat juga terus digalakkan dan memaksimal peran serta masyarakat dalam kegiatan ini sehingga memberi dampak sosial ekonomi yang positif kepada masyarakat," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

medco lemigas
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top