Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

KLB Diperpanjang Hingga 7 Juni, KAI Tetap Layani Tiga Rute Ini

PT Kereta Api Indonesia (Persero) memperpanjang operasional Kereta Api Luar Biasa atau KLB hingga 7 Juni 2020. Sebelumnya KLB direncanakan hanya sampai 31 Mei 2020.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 31 Mei 2020  |  12:49 WIB
Ilustrasi-Penumpang melintas di dalam gerbong Kereta Api Luar Biasa (KLB) jurusan Bandung - Surabaya Pasar Turi di Stasiun Bandung, Jawa Barat, Selasa (12/5/2020). - ANTARA/M Agung Rajasa
Ilustrasi-Penumpang melintas di dalam gerbong Kereta Api Luar Biasa (KLB) jurusan Bandung - Surabaya Pasar Turi di Stasiun Bandung, Jawa Barat, Selasa (12/5/2020). - ANTARA/M Agung Rajasa

Bisnis.com, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) memperpanjang operasional Kereta Api Luar Biasa atau KLB hingga 7 Juni 2020. Sebelumnya KLB direncanakan hanya sampai 31 Mei 2020.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan perpanjangan KLB ini menyesuaikan dengan terbitnya Surat Edaran baru dari Direktorat Jenderal Perkeretaapian yang menyatakan bahwa KLB dioperasikan hingga 7 Juni 2020.

"Dalam hal operasional KLB, KAI masih tetap mengoperasikan 6 perjalanan KLB yang melayani 3 rute yaitu Gambir – Surabaya Pasarturi Lintas Selatan pp, Gambir – Surabaya Pasarturi Lintas Utara pp, dan Bandung – Surabaya Pasar Turi pp," jelas Joni, Minggu (31/5/2020).

Joni melanjutkan untuk membeli tiket KLB calon penumpang tetap diharuskan membawa seluruh persyaratan sesuai SE Gugus Tugas Covid-19 Nomor 5 Tahun 2020 ditambah Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) DKI Jakarta bagi calon penumpang yang keluar atau masuk Provinsi DKI Jakarta.

Penjualan tiket hanya dilakukan di stasiun keberangkatan mulai h-2 keberangkatan dan tidak dapat diwakilkan.

Dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19, KAI membatasi kapasitas angkut dengan menjual hanya 50 persen dari kapasitas tempat duduk.

Selain itu, KAI membuat tanda batas antre dan marka pada tempat duduk di stasiun dan kereta untuk menerapkan aturan jaga jarak atau physical distancing.

KAI juga menyediakan alat pengukur suhu badan, ruang isolasi, pos kesehatan, hand sanitizer, dan wastafel portable di stasiun.

KAI juga rutin membersihkan fasilitas penumpang secara rutin menggunakan disinfektan dan melakukan berbagai langkah pencegahan lainnya.

Dengan diperpanjangnya jadwal perjalanan KLB, KAI juga tetap menyediakan layanan angkutan barang yang dirangkaikan dengan KLB. Hal ini agar masyarakat semakin mudah untuk mengirimkan barang seperti dokumen, paket, produk industri, produk UMKM, e-commerce, makanan, sayur mayur, sepeda, motor dengan tarif yang menarik.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pt kai
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top