Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PSBB, Lalu Lintas Harian Jalan Nasional di Sulsel & Riau Turun

Terjadi penurunan volume jalan nasional luar Pulau Jawa di daerah yang menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yaitu Sulawesi Selatan dan Riau.
Agne Yasa
Agne Yasa - Bisnis.com 29 April 2020  |  01:49 WIB
Salah satru jalan di Makassar ditutup untuk mencegah penyebaran corona./Antara - Arnas Padda
Salah satru jalan di Makassar ditutup untuk mencegah penyebaran corona./Antara - Arnas Padda

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mencatat terjadi penurunan volume jalan nasional luar Pulau Jawa di daerah yang menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yaitu Sulawesi Selatan dan Riau.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan lalu lintas di jalan tol dan jalan nasional nontol diharapkan lebih menurun lagi seiring penerapan kebijakan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.

Dia mengutarakan hal ini juga sesuai pesan Presiden Joko Widodo terkait pentingnya disiplin yang kuat bagi setiap warga untuk melaksanakan kebijakan bekerja dari rumah dan untuk tidak mudik Lebaran pada tahun ini.

"Dengan demikian lalu lintas di jalan tol dan jalan nasional diharapkan dapat lebih menurun lagi,” kata Basuki melalui dalam siaran pers pada Selasa (28/4/2020).

Berdasarkan pantauan Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, selain di Pulau Jawa, tercatat penurunan lalu lintas harian juga terjadi di Provinsi Sulawesi Selatan dan Riau yang masuk dalam wilayah PSBB.

Sebanyak 10 ruas di Sulawesi Selatan masuk dalam wilayah PSBB yakni ruas Cambaya dengan penurunan 66 persen, Kaluku Bodoa 67 persen, Ramp Tallo Barat 53 persen, Ramp Tallo Timur 39 persen.

Kemudian, Tamalanrea turun 76 persen, Parangloe 75 persen, Ramp Parangloe 67 persen, Ramp Bira Timur 77 persen, Ramp Bira Barat 69 persen, dan Biringkanaya 77 persen.

Terakhir, di Riau tercatat beberapa ruas jalan nasional masuk dalam wilayah PSBB yaitu Bts. Kab. Kampar - Bts. Kota Bangkinang dengan penurunan rata-rata lalu lintas sebesar 37 persen, Simpang Palas - Bts. Kamb atau Bts. Kota Pekanbaru 55 persen.

Kemudian, Simpang Kayu Ara - Bts. Kab. Pelalawan (Pekanbaru) sebesar 68 persen, dan Kaharuddin Nasution (Pk. Baru) - Marpoyan turun 82 persen.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

lalu lintas Virus Corona Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)
Editor : M. Syahran W. Lubis

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top