Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Konstruksi SPAM Umbulan Bakal Rampung Pada Mei 2020

Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM) telah melakukan identifikasi kesiapan penyerapan hilir SPAM Umbulan oleh PDAM Offtaker.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 15 April 2020  |  21:48 WIB
Pekerja menyelesaikan pembangunan proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan, di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Kamis (15/11/2018). - ANTARA/Zabur Karuru
Pekerja menyelesaikan pembangunan proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan, di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Kamis (15/11/2018). - ANTARA/Zabur Karuru

Bisnis.com, JAKARTA - Progres pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan telah menyentuh angka 99 persen dan ditargetkan, konstruksi tuntas pada Mei 2020.

Di tengah pandemi Covid-19, penyelesaian proyek ini juga mundur dari target COD (commercial operation date) SPAM yang semula pada Maret 2020 ini menjadi Juni 2020.

Kepala Sekretariat Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM) Andreas Wibowo  mengatakan pihaknya akan terus memantau kepastian operasi SPAM Umbulan.

Menurutnya, progres pembangunan konstruksi SPAM Umbulan telah mencapai 99 persen dan Badan Usaha Pelaksana berkomitmen untuk menyelesaikan pekerjaannya pada Mei 2020.

“Berdasarkan laporan BUP [Badan Usaha Pelaksana] masih ada pemasangan pipa sepanjang 1,9 kilometer yang harus dikerjakan dan bulan depan akan segera diselesaikan,”katanya seperti dikutip Bisnis dari laman resmi BPPSPAM, Rabu (15/4/2020).

Walhasil, target COD yang semula dijadwalkan dapat dilaksanakan pada Maret lalu bergeser menjadi Juni 2020.

Andreas menyebutkan bahwa molornya target COD karena terdampak oleh pandemik Covid-19 yang menyebabkan penurunan kapasitas pekerjaan sekitar 50 persen.

Selain memastikan penyelesaian pembangunan konstruksi SPAM Umbulan, BPPSPAM juga telah melakukan identifikasi kesiapan penyerapan hilir SPAM Umbulan oleh PDAM Offtaker.

Kepala BPPSPAM, para offtaker menyampaikan bahwa distribusi air curah pada tahun pertama akan dimanfaatkan untuk menyuplai kebutuhan eksisting PDAM.

Setelahnya, akan dibutuhkan dukungan pendanaan untuk pengembangan jaringan distribusi penambahan pelanggan terutama di wilayah Kabupaten dan Kota Pasuruan.

SPAM Umbulan merupakan SPAM berkapasitas 4.000 liter per detik yang dibangun untuk memenuhi kebutuhan 1,3 juta penduduk di Provinsi Jawa Timur.

Dibangun dengan nilai investasi Rp2,05 triliun, SPAM ini merupakan Proyek SPAM Regional pertama yang dibangun menggunakan Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

spam umbulan
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top