Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pedoman PSBB Tidak Akan Pengaruhi Aktivitas Logistik

Dalam rangka memberikan kepastian terhadap pelayanan transportasi nasional tetap berjalan, Kemenhub mengharapkan pemerintah daerah memastikan akses transportasi tetap normal.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 07 April 2020  |  19:56 WIB
Truk melintas di kawasan pelabuhan peti kemas Jakarta International Container Terminal (JICT) di Jakarta, Kamis (19/12/2019). Bisnis - Himawan L Nugraha
Truk melintas di kawasan pelabuhan peti kemas Jakarta International Container Terminal (JICT) di Jakarta, Kamis (19/12/2019). Bisnis - Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) menilai kegiatan logistik selama pembatasan sosial berskala besar (PSBB) tidak akan terganggu, karena menjadi salah satu kegiatan yang masih diperbolehkan.

Ketua umum ALI Zaldy Ilham Masita menekankan persoalan justru akan timbul dari pengangkutan kargo lewat udara karena banyak pesawat komersial yang dibatalkan, karena tidak adanya penumpang.

"Jadi seharusnya tidak ada masalah distribusi logistik antar daerah. Apalagi pergerakan distribusi kebanyakan untuk barang-barang kebutuhan pokok," katanya, Selasa (7/4/2020).

Apalagi sebelumnya, Menteri Perhubungan Ad Interim Luhut Binsar Panjaitan mengeluarkan surat kepada Mendagri yang meminta agar pemda kembali membuka akses tersebut. Surat tersebut menyebut, sebagaimana peraturan perundang-undangan yang ada, bahwa bandara, pelabuhan, terminal, stasiun dan prasarana transportasi lainnya merupakan objek vital nasional.

Objek vital nasional ini artinya kewenangan terhadap pengawasan dan pengamanannya dan dalam hal akan dilakukan penutupan atau penghentian operasional prasarana transportasi harus berkoordinasi dengan pemerintah pusat.

Sehubungan dengan hal tersebut, maka dalam rangka memberikan kepastian terhadap pelayanan transportasi nasional tetap berjalan, Kemenhub mengharapkan dukungan dan kerjasama seluruh pemerintah daerah, TNI dan Polri, serta pemangku kepentingan terkait untuk memastikan agar pelayanan transportasi tetap berjalan optimal.

Surat bernomor PL.001/1/4 Phb 2020 tersebut ditujukan kepada Kementerian Dalam Negeri yang akan memerintahkan kepada Kepala Daerah untuk kembali membuka layanan transportasi umum yang sempat ditutup seperti yang terjadi di Papua dan Kalimantan Timur.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

logistik
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

Foto loadmore

BisnisRegional

To top