Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Wacana Karantina Wilayah, Operator Jalan Tol Perlu Kompensasi

Opsi pemberian kompensasi kepada operator jalan tol bisa menjadi salah satu solusi untuk mengganti potensi kerugian jika karantina wilayah jadi diberlakukan.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 31 Maret 2020  |  19:56 WIB
Kendaraan melintas di Simpang Susun Tomang, Jakarta, Senin (16/3/2020). Bisnis - Triawanda Tirta Aditya
Kendaraan melintas di Simpang Susun Tomang, Jakarta, Senin (16/3/2020). Bisnis - Triawanda Tirta Aditya

Bisnis.com, JAKARTA - Perpanjangan konsesi jalan tol bagi Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) bisa menjadi solusi jika kebijakan karantina wilayah guna memutus rantai penyebaran Covid-19 diterapkan. Pasalnya, BUJT atau operator jalan tol adalah pihak yang terdampak langsung jika karantina wilayah diberlakukan.

Pengamat transportasi Darmaningtyas mengatakan bahwa kerugian yang diderita BUJT dan operator bisa dikompensasi, salah satunya melalui perpanjangan masa konsesi oleh Pemerintah.

"Mereka tidak terlalu rugi karena nanti pemerintah bisa memperpanjang konsesinya. Kalau misalnya konsesi semula misalnya 20 tahun, dengan adanya pertimbangan tertentu bisa jadi 25 tahun," katanya kepada Bisnis, Selasa (31/3/2020).

Menurutnya, kompensasi berupa perpanjangan konsesi menjadi opsi solusi yang paling tepat diambil pemerintah mengingat sumber pemasukan BUJT dan operator adalah tarif tol yang pasti menurun jika kebijakan tersebut diterapkan.

Sebelumnya, PT Jasa Marga (Persero) Tbk., selaku operator jalan tol mengaku telah menyiapkan langkah antisipasi jika karantina wilayah benar-benar diterapkan.

Operator pelat merah ini juga memastikan mendukung apapun kebijakan pemerintah dalam pencegahan penyebaran Covid-19 dan akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait agar nantinya pelaksanaan karantina wilayah berjalan baik.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan tol bpjt Virus Corona karantina wilayah
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top