Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pandemi Corona, Uji Petik Kapal Jelang Lebaran Tetap Jalan

Upaya ini dalam rangka penanganan dini dalam meminimalisasi kecelakaan saat berlayar dan memastikan keselamatan berlayar.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 21 Maret 2020  |  12:28 WIB
Pengendara mobil antre saat akan memasuki Kapal Roro di Dermaga Eksekutif Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan, Lampung, Sabtu (8/6/2019). - ANTARA FOTO/Ardiansyah
Pengendara mobil antre saat akan memasuki Kapal Roro di Dermaga Eksekutif Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan, Lampung, Sabtu (8/6/2019). - ANTARA FOTO/Ardiansyah

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan tetap melakukan kegiatan inspeksi keselamatan (uji petik) kapal penumpang terutama menjelang masa Angkutan Lebaran 2020, kendati pemerintah sudah memperpanjang masa darurat virus Corona (Covid-19). 

Salah satunya menjelang penyelenggaraan Angkutan Laut Lebaran 2020 di wilayah Bandar Lampung dan sekitarnya, uji petik dilakukan melalui Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Panjang.

Kepala KSOP Kelas I Panjang Andi Hartono mengatakan upaya ini dalam rangka penanganan dini dalam meminimalisasi kecelakaan saat berlayar dan memastikan keselamatan berlayar bagi kapal yang akan bertolak dari Pelabuhan Panjang.

“Alhamdullilah, telah dilakukan pemeriksaan terhadap kapal roll-on roll-off (ro-ro) KM Mutiara Timur I dengan rute Pelabuhan Panjang Lampung menuju Pelabuhan Tanjung Mas Semarang yang dioperasikan oleh PT Atosim Lampung. Ada temuan minor tetapi secara keseluruhan hasilnya baik,” ujarnya melalui keterangan resmi, Sabtu (21/3/2020).

Andi juga mengatakan Inspeksi keselamatan terhadap kapal penumpang dilakukan dengan memeriksa seluruh bagian kapal, mulai dari anjungan, dek penumpang, ruang mesin, dek kendaraan termasuk pengujian alat-alat keselamatan dan pertolongan seperti alat navigasi pelayaran (GPS, AIS, dll), alat pemadam kebakaran, alat angkut darurat (Life Raft, Sekoci), Life Jacket, dan sebagainya. Selain itu, dilakukan juga pengukuran suhu tubuh bagi anak buah kapal dengan menggunakan alat pengukur suhu thermometer gun.

“Kami ingin memastikan bahwa kapal berikut ABK dalam kondisi yang prima, dan bagi manajemen pemilik kapal untuk segera memenuhi terhadap beberapa temuan minor oleh Tim Pemeriksa yang harus segera dipenuhi guna meningkatkan keamanan dan keselamatan kapal selama dalam pelayaran,” kata Andi.

Menanggapi hasil temuan oleh Tim Pemeriksa Kapal tersebut, nakhoda KM Mutiara Timur I, Capt. William Dickson menyambut baik dan akan meneruskan temuan ini kepada pemilik kapal untuk segera diperbaiki.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kemenhub lebaran 2020
Editor : Rio Sandy Pradana
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top