Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini Protokol Garuda Cegah Penyebaran Virus Corona

Garuda Indonesia menerapkan protokol pencegahan penyebaran virus corona pada layanan penerbangannya untuk menjamin kenyamanan dan kesehatan penumpang.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 20 Maret 2020  |  16:35 WIB
 Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Irfan Setiaputra menjadi narasumber diskusi bertema Semangat Baru Garuda di Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (24/1/2020). - Antara
Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Irfan Setiaputra menjadi narasumber diskusi bertema Semangat Baru Garuda di Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (24/1/2020). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - PT Garuda Indonesia Tbk. melakukan koordinasi dengan pemerintah dan otoritas terkait untuk menjalankan protokol pencegahan penyebaran virus Corona guna memastikan kenyamanan dan kesehatan penumpang selama penerbangan.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan telah meningkatkan standar kebersihan dan layanan di setiap penerbangan. Sejumlah upaya pencegahan penyebaran virus Corona baru atau Covid-19 juga dilakukan dengan disinfeksi armada untuk memastikan aspek kebersihan dan sterilisasi kabin pesawat dari bakteri dan virus.

Proses disinfeksi menyeluruh dilakukan terutama untuk armada yang sebelumnya melayani penerbangan ke beberapa negara yang terdampak Covid-19.

Proses disinfeksi juga dilakukan pada seluruh area kabin yang memiliki kontak langsung dengan penumpang, seperti toilet, kursi, meja, sandaran kepala, sandaran tangan, tempat penyimpanan bagasi, dan galley.

Selain itu, setiap sebelum keberangkatan penerbangan, Garuda Indonesia juga terus mengoptimalkan pembersihan rutin harian dan pembersihan transit untuk mengurangi kemungkinan risiko penyebaran virus Covid-19.

“Dapat kami sampaikan bahwa seluruh armada kami dilengkapi dengan sistem filtrasi udara High Efficiency Particulate Air (HEPA) yang merupakan fitur penyaring udara yang ada di setiap pesawat Garuda Indonesia. Sistem filtrasi udara di kabin pesawat ini dapat menyaring 99,99 persen partikel debu dan kontaminan udara, seperti virus dan bakteri sehingga kualitas udara di kabin dapat terjaga kebersihannya,” jelasnya melalui keterangan resmi, Jumat (20/3/2020).

Selain itu, untuk menjaga keamanan dan kenyamanan penumpang di atas pesawat, Garuda melengkapi hand sanitizer yang dapat digunakan oleh seluruh penumpang yang ditempatkan di galley.

Upaya preventif, sambungnya, juga dilakukan dengan merekomendasikan penggunaan masker bagi kru kabin yang bertugas. Kru kabin juga dibekali standar penanganan penumpang yang terduga mengidap penyakit menular.

“Kami harus memastikan peraturan serta prosedur kesehatan untuk penumpang telah dilakukan dengan baik setiap saat,” ungkapnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Garuda Indonesia maskapai penerbangan Virus Corona covid-19
Editor : Fitri Sartina Dewi
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top