Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

5 Berita Populer Ekonomi, Tiga Pesan Jokowi Untuk Meredam Dampak Penyebaran Pandemi Corona dan Dana Asing US$8,1 Miliar Kabur dari Indonesia Gara-Gara Corona

Kabar Tiga Pesan Jokowi Untuk Tekan Dampak Virus Corona ke Perekonomian, jadi berita terpopuler kanal Ekonomi, Jumat (20/3/2020).
Presiden Joko Widodo memberikan keterangan pers terkait COVID-19 di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (16/3/2020). Presiden Joko Widodo meminta kepada kepala pemerintah daerah untuk berkomunikasi kepada pemerintah pusat seperti Satgas  COVID-19 dan Kementerian dalam membuat kebijakan besar terkait penanganan COVID-19, dan ditegaskan kebijakan lockdown tidak boleh dilakukan  pemerintah daerah. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Presiden Joko Widodo memberikan keterangan pers terkait COVID-19 di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (16/3/2020). Presiden Joko Widodo meminta kepada kepala pemerintah daerah untuk berkomunikasi kepada pemerintah pusat seperti Satgas COVID-19 dan Kementerian dalam membuat kebijakan besar terkait penanganan COVID-19, dan ditegaskan kebijakan lockdown tidak boleh dilakukan pemerintah daerah. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

1. Tiga Pesan Jokowi Untuk Tekan Dampak Virus Corona ke Perekonomian

Presiden Joko Widodo minta para pembantunya fokus pada tiga hal agar wabah virus corona atau Covid-19 tidak berdampak besar pada perekonomian Indonesia.

Kepala Negara memberikan arahan tersebut rapat terbatas bertemakan Kebijakan Moneter dan Fiskal Menghadapi Dampak Ekonomi Pandemi Global Covid-19 melalui video converence.

Baca berita selengkapnya di sini.

2. Ini 7 Jurus Bank Indonesia Redam Gejolak Virus Corona

Untuk mendukung perekonomian di tengah wabah COVID-19, Bank Indonesia kembali merilis langkah-langkah kebijakan stimulus moneter.

Gubernur BI Perry Warjiyo menuturkan langkah ini merupakan kelanjutan stimulus kebijakan Rapat Dewan Gubernur pada 2 Maret 2020 lalu.

Baca berita selengkapnya di sini.

3. Ekonom: Bunga Acuan BI Diperkirakan Turun

Di tengah penyebaran wabah virus corona yang kian meningkat, konsensus ekonom memperkirakan Bank Indonesia akan kembali memangkas suku bunga sebesar 25 basis poin (bps).

Dari 25 ekonom yang disurvei oleh Bloomberg (19/3/2020), sebanyak 14 ekonom memproyeksikan penurunan suku bunga sebesar 25 bps menjadi 4,50 persen dari 4,75 persen

Baca berita selengkapnya di sini.

4. Jokowi Minta Rapid Test, Menkes Terawan Sebut Bukan Standar WHO

Presiden Joko Widodo telah menginstrusikan jajarannya untuk segera melaksanakan tes cepat (rapid test) virus corona. Namun demikian, metode penggunaan alat rapid test disebut bukanlah standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Hal itu disampaikan oleh Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. Dia mengklaim kendati bukan standar WHO, metode rapid test bisa digunakan sebagai penyelidikan awan virus corona di tubuh manusia.

Baca berita selengkapnya di sini.

5. Dana Asing US$8,1 Miliar Kabur dari Indonesia Gara-Gara Corona

Perekonomian global dan Indonasi saat ini menghadapi potensi pelemahanan seiring masifnya penyebaran virus Corona (Covid-19). Sebanyak US$8,1 miliar dana investor asing keluar dari pasar keuangan Indonesia.

Kepala Penelitian Makroekonomi dan Finansial LPEM UI Febrio Kacaribu mengatakan tindakan darurat yang diambil oleh bank sentral Amerika Serikat The Fed telah menyebabkan pasar melakukan aksi jual aset berisiko.

Baca berita selengkapnya di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Surya Rianto
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper