Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hutama Karya Pastikan Proyek Tol Trans Sumatra Jalan Terus

Hutama Karya memastikan proyek pembangunan Jalan Tol Trans Sumatra dan proyek strategis nasional lainnya akan jalan terus meski ada pemberlakuan sistem work from home.
Foto udara simpang susun KM 108 jalan tol Bakauheni-Terbanggi Besar, Lampung, Sabtu (4/5/2019)./Bisnis-Abdullah Azzam
Foto udara simpang susun KM 108 jalan tol Bakauheni-Terbanggi Besar, Lampung, Sabtu (4/5/2019)./Bisnis-Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA – PT Hutama Karya (Persero) memastikan pembangunan Jalan Tol Trans Sumatra dan proyek strategis nasional lainnya tidak akan terhambat penerapan kebijakan bekerja dari rumah.

Senior Executive Vice President Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Muhammad Fauzan mengatakan bahwa Hutama Karya yang saat ini tengah mendapat penugasan untuk pembangunan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yaitu Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS), turut menerapkan kebijakan work from home (WFH). 

Selain itu, Fauzan menyatakan pihaknya juga telah menyiapkan beberapa protokol yang wajib dipatuhi oleh seluruh karyawan pada proyek pembangunan JTTS mulai Rabu (18/3/2020).

“Sesuai dengan arahan Bapak Jokowi, kita lakukan tanggap darurat terkait penyebaran Covid-19. Manajemen telah menerapkan contingency plan yang diberlakukan bagi seluruh karyawan Hutama Karya, baik di Kantor Pusat maupun di seluruh proyek,” ujar Fauzan dalam keterangan resmi di Jakarta, Rabu (18/3/2020).

Fauzan menjelaskan bahwa contingency plan berisikan sejumlah peraturan yang harus ditaati oleh karyawan Hutama Karya sesuai dengan Kebijakan Direksi tentang pelaksanaan kerja/dinas kantor.

Kebijakan yang dimaksud antara lain adalah diberlakukannya sistem WFH bagi karyawan yang menggunakan transportasi publik atau berusia lebih dari 50 tahun, dalam kondisi hamil atau menyusui serta status pemulihan kesehatan khusus yang rentan terhadap penurunan imunitas. Penerapan aturan ini juga berlaku di seluruh wilayah operasional Hutama Karya termasuk proyek pembangunan JTTS. 

Manajemen Hutama Karya juga menegaskan bahwa kebijakan ini dipastikan tidak menghambat proses pembangunan Proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

“Manajemen telah menginstruksikan kepada project manager untuk melakukan pembagian kerja di proyek atau ruas atau cabang tol dengan pembagian shift atau membatasi waktu kerja serta menghindari pekerjaan lembur,” kata Fauzan.

Dia juga menambahkan bahwa aksi cepat tanggap akan dilakukan oleh masing-masing proyek jika terdapat pekerja yang terinfeksi virus corona.

“Jika terdeteksi ada pekerja yang menunjukkan gelaja terinfeksi Covid-19, maka tim tanggap di proyek tersebut diwajibkan untuk melakukan penanganan lebih lanjut seperti mengisolasi dan berkoordinasi dengan rumah sakit rujukan yang terdekat,” jelasnya.

Tak hanya itu, Hutama Karya juga telah menyusun berbagai skenario terkait respons jika terjadi penyebaran Covid-19 di lokasi proyek dengan memastikan adanya alternatif subkontraktor jika subkontraktor yang ada saat ini tidak dapat menjalankan bisnisnya akibat Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper