Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Dibayangi Sentimen Corona, PIM 3 Tetap Beroperasi Tahun Ini

Pengembang properti memastikan bahwa rencana pengoperasian dan pembangunan pusat perbelanjaan tak akan terhambat meski dibayangi sentimen virus corona.
Ilham Budhiman
Ilham Budhiman - Bisnis.com 04 Maret 2020  |  15:55 WIB
Anak-anak bermain di wahana musim dingin Snow Storm yang dihadirkan untuk merayakan Lebaran dan musim libur sekolah 2019 oleh Pondok Indah Mall (PIM), Jakarta. - Istimewa
Anak-anak bermain di wahana musim dingin Snow Storm yang dihadirkan untuk merayakan Lebaran dan musim libur sekolah 2019 oleh Pondok Indah Mall (PIM), Jakarta. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA  - PT Metropolitan Kentjana Tbk. memastikan bahwa Pondok Indah Mall 3 akan tetap beroperasi sesuai dengan target awal meski dibayangi sentimen corona.

Vice President Director Metropolitan Kentjana Jeffry S. Tanudjaja mengatakan bahwa progres pembangunan PIM 3 seluas 30.000 meter persegi masih terus berjalan dan ditargetkan bisa segera beroperasi.

"[Pembangunan] tetap berlanjut sesuai rencana. Kita harapkan akhir tahun ini bisa beroperasi," ujar Jeffry saat dihubungi, Rabu (4/3/2020).

Dia menyatakan bahwa progres kontruksi pembangunan pusat perbelanjaan tersebut telah mencapai 75 persen, sedangkan untuk gedung perkantoran Pondok Indah Office yang terhubung di dalamnya mencapai 90 persen.

Menurut dia, proyek pembangunan PIM 3 yang menelan biaya investasi sebesar Rp2,2 triliun itu tak bisa dihentikan meskipun dibayangi sentimen virus corona. Terlebih, semua material dan sebagainya sudah disiapkan sebelum virus ini masuk ke Indonesia.

Jefrry mengatakan bahwa adanya sentimen virus corona terhadap sektor properti jangan sampai menganggu perencanaan bisnis yang sudah disiapkan sejak awal.

"Kita memang harus hati-hati, tetapi mungkin jangan sampai terlalu berlebihan sehingga kehidupan bisnis tidak ada," ucapnya.

Di sisi lain, dia juga belum melihat adanya penurunan okupansi penyewa baik di PIM 1 dan PIM 2 yang juga berdekatan dengan PIM 3. Menurutnya, tingkat okupansi penyewa saat ini masih mencapai 100 persen.

Hal ini mengingat perjanjian bisnis dengan penyewa telah dilakukan sejak tahun lalu, baik dengan penyewa baru ataupun perpanjangan kontrak.

Dia juga belum melihat adanya penurunan tingkat kunjungan mal yang signifikan karena wabah virus corona yang masuk ke Indonesia diumumkan Presiden Joko Widodo pada Senin (2/3/2020) alias hari kerja. Menurutnya, ada atau tidaknya penurunan pada tingkat kunjungan akan bisa dlihat jika sudah memasuki masa akhir pekan.

Sementara itu, dalam catatan Bisnis, setidaknya ada 4 mal baru yang siap beroperasi di Jakarta pada tahun ini. Selain PIM 3, mal baru tersebut adalah Aeon Mall Southgate Tanjung Barat, Mall at District 8, dan Senayan Park Taman Ria.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

properti pusat perbelanjaan Virus Corona metropolitan kentjana
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top