Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Resmi Dibuka, Underpass Kenthungan Memperlancar Akses ke Kawasan Wisata Kaliurang

Underpass Kenthungan dibangun untuk mengurai kemacetan dan memperlancar akses menuju kawasan wisata Kaliurang.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 18 Februari 2020  |  16:03 WIB
Underpass Kenthungan di Kabupaten Sleman, Provinsi Yogyakarta telah resmi beroperasi pada 16 Februari 2020 - Kementerian PUPR
Underpass Kenthungan di Kabupaten Sleman, Provinsi Yogyakarta telah resmi beroperasi pada 16 Februari 2020 - Kementerian PUPR

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat telah merampungkan pembangunan jalan bawah tanah atau underpass Kenthungan yang berada di Simpang Empat Jalan Kaliurang-Ringroad Utara di Yogyakarta.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan kehadiran undperpass sepanjang 900 meter itu telah memberikan manfaat terhadap perekonomian di wilayah sekitarnya. 

Basuki menambahkan bahwa kehadiran underpass tersebut juga bertujuan untuk mengurai simpul kemacetan akibat pertemuan lalu lintas dari empat arah antara Jalan Kaliurang dengan Jalan Padjajaran. 

“Di samping itu, kehadiran underpass Kenthungan akan memperlancar akses menuju kawasan wisata Kaliurang,” ujarnya seperti dikutip dalam keterangan yang dirilis pada laman resmi Kementerian PUPR, Selasa (18/2/2020). 

Pembangunan underpass Kenthungan telah dimulai sejak tahun 2018 dengan anggaran sebesar Rp110 miliar. Pengerjaan proyek tersebut dilakukan oleh PT Istaka Karya (Persero). 

Adapun, konstruksi jalan bawah tanah tersebut terdiri dari 2 lajur berupa terowongan (slab tertutup) sepanjang 224 meter, serta jalan pendekat arah timur dan barat masing-masing sepanjang 368 meter dan 288 meter.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

infrastruktur underpass
Editor : Fitri Sartina Dewi
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top