Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Maskapai Bakal Pakai Drone, Jet Express dan Pos Indonesia Senang

Chief Executive Officer (CEO) PT Global Jet Express Robin Lo menuturkan pihaknya melihat penggunaan drone sangat potensial dilakukan di Indonesia.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 12 November 2019  |  06:22 WIB
drone pengangkut kargo - istimewa
drone pengangkut kargo - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Sejumlah perusahaan jasa pengiriman ekspres menyambut baik pemakaian pesawat nirawak atau drone dalam mendukung pengiriman e-commerce, walaupun sejumlah tantangan masih menghantui.

Chief Executive Officer (CEO) PT Global Jet Express Robin Lo menuturkan pihaknya melihat penggunaan drone sangat potensial dilakukan di Indonesia.

"Menurut kami, penggunaan drone baik yang unmaned aircraft maupun yang vertical take off landing sangat potensial untuk mendukung aktivitas logistik terutama pengiriman barang," katanya kepada Bisnis.com, Senin (11/11/2019).

Menurutnya, penggunaan drone dapat meminimalkan beberapa proses berkaitan dari pihak ketiga seperti maskapai, misalnya, sehingga barang dapat lebih cepat sampai.

Namun, terangnya, praktiknya di Indonesia cukup dipenuhi tantangan, karena kendala infrastruktur indonesia yang cukup rumit dan belum terlalu memadai.

"Selain itu, serta terkait perizinan yang krusial, sehingga kemungkinan untuk adanya potensi kendala pengiriman cukup besar," terangnya.

Sementara itu, Vice President Kurir dan Pengembangan Produk Logistik di PT Pos Indonesia Djoko Suhartanto menilai penggunaan drone dapat mengubah bisnis proses yang selama ini dilakukan perusahaan pengiriman barang.

"Penggunaan drone dalam proses bisnis jasa kurir dan logistik sangat potensial dilakukan dan ini akan merubah proses bisnis konvensional yang bertahap-tahap dan mahal menjadi proses bisnis yang simpel, cepat dan murah," paparnya.

Selain itu, drone dapat meningkatkan kualitas dan waktu penyerahan kiriman. Pos Indonesia, terangnya, membutuhkan kajian komprehensif terllebih dahulu sebelum menjadi pengguna drone tersebut. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pt pos indonesia pengiriman barang
Editor : Hendra Wibawa
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top