Menhub : LRT Jabodebek Harusnya Lebih Hebat

Kementerian Perhubungan berharap proyek LRT Jabodebek bisa berjalan lebih lancar dan memiliki hasil lebih hebat dibandingkan dengan LRT Palembang.
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 13 Oktober 2019  |  18:37 WIB
Menhub : LRT Jabodebek Harusnya Lebih Hebat
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kedua kiri) danMenteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut B.Panjaitan (kanan) menjawab pertanyaan media dipitstop Stasiun Harjamukti, Minggu (13/10/2019). - Bisnis/Rio Sandy Pradana

Bisnis.com, JAKARTA -- Kementerian Perhubungan berharap proyek LRT Jabodebek bisa berjalan lebih lancar dan memiliki hasil lebih hebat dibandingkan dengan LRT Palembang.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan proses pengerjaan sisi sarana dan prasarana telah dikerjakan dengan baik oleh PT Industri Kereta Api (Persero) dan PT Adhi Karya (Persero) Tbk. 

"Ini adalah proyek kedua setelah [LRT] Palembang, harusnya lebih hebat. Tingkat komponen dalam negeri sudah di atas 60 persen, harapannya meningkat terus," kata Budi Karya saat memberikan sambutan dalam acara pengangkatan kereta pertama LRT Jabodebek di pitstop Stasiun Harjamukti, Minggu (13/10/2019).

Budi Karya menambahkan setelah satu rangkaian kereta (trainset) diterima pada tahap pertama, akan ada pengiriman hingga 31 trainset selanjutnya. Adapun, pengujian sarana dan prasarana membutuhkan waktu hingga satu tahun.

Pengujian tersebut, imbuh Budi Karya, akan dilakukan secara terus-menerus untuk 31 unit trainset hingga 2021 sampai LRT bisa beroperasi maksimal. Dari total 31 rangkaian., satu rangkaian LRT telah dikirim oleh Inka pada 8 Oktober 2019.

Tahap selanjutnya akan dilakukan tes dinamis yang dijadwalkan mulai 18 Oktober 2019 dengan item tes meliputi Traction System Test, Low Speed Test, High Speed Test, Traction Performance Test, dan PID (Passenger Information Display) System Test.

Progres pembangunan LRT Jabodebek hingga hari ini sudah mencapai 66,13 persen. Dengan rincian untuk Lintas Cawang-Cibubur 85.73 persen, Lintas Cawang-Kuningan-Dukuh Atas 56.10 persen, dan Lintas Cawang-Bekasi Timur 59.52 persen.

Diprediksi pembangunan ketiga Lintas akan selesai pada 2020 dan sudah operasional 2021. 

Kereta LRT dapat menampung 1.308 orang jika dalam keadaan padat dan 740 orang dalam keadaan normal, dengan headway atau waktu tunggu penumpang selama 2-3 menit di setiap stasiun.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
lrt jabodebek

Editor : Saeno
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top