Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Benahi SDM Kepelautan, Kemenhub Kukuhkan 37 Auditor Kepelautan

Dirjen Perhubungan Laut, R. Agus H. Purnomo menyatakan pengukuhan 37 auditor itu merupakan bagian dari pengukuhan 99 orang auditor, pendidik, dan praktisi medis kepelautan di Jakarta, Jumat (13/9/2019).
Putri Salsabila
Putri Salsabila - Bisnis.com 15 September 2019  |  12:19 WIB
Pelaut Indonesia - Ilustrasi/velasco indonesia
Pelaut Indonesia - Ilustrasi/velasco indonesia

Bisnis.com, JAKARTA -- Kementerian  Perhubungan mengukuhkan sebanyak 37 orang auditor Direktorat Jenderal Perhubungan Laut yang bertugas memeriksa dokumen kepelautan serta mengawasi penempatan awak kapal.

Dirjen Perhubungan Laut, R. Agus H. Purnomo menyatakan pengukuhan 37 auditor itu merupakan bagian dari pengukuhan 99 orang auditor, pendidik, dan praktisi medis kepelautan di Jakarta, Jumat (13/9/2019).

Sebelum dikukuhkan, menurutnya, ke-99 orang itu telah lulus pengujian komprehensif serta selesai menjalani pembekalan materi oleh narasumber yang kompeten dan profesional dilanjutkan pengujian bagi calon auditor, pendidik dan praktisi medis.

“Auditor Kepelautan bertanggung jawab dalam memeriksa kesesuaian dokumen dan pengawasan lembaga diklat kepelautan serta perusahaan perekrutan dan penempatan awak kapal serta hal-hal terkait di bidang kepelautan lainnya,” ujarnya dalam siaran resmi, Minggu (15/9/2019).

Agus menambahkan sebanyak 37 orang auditor yang berhasil lulus berasal dari Direktorat Perkapalan dan Kepelautan serta Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Laut.

Untuk pendidik kepelautan merupakan guru, dosen, instruktur, fasilitator dan sebutan lain yang sesuai dengan kekhususannya, serta berpartisipasi dalam penyelenggaraan diklat kepelautan. Sebanyak 42 orang pendidik berasal dari lembaga diklat yang telah mendapatkan approval dan lulus.

Khusus praktisi medis kepelautan yakni dokter yang melaksanakan pengujian kesehatan pelaut pada rumah sakit yang ditunjuk dalam rangka memenuhi kualifikasi sertifikasi STCW 1978 dan MLC 2006 beserta amandemennya. Adapun, sebanyak 20 orang dokter perwakilan dari seluruh Indonesia yang telah mendapat approval.

Agus menyampaikan ucapan selamat kepada para peserta yang lulus dan diharapkan dapat mengimplementasikan ilmu pengetahuan yang diperoleh. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pelaut Kemenhub
Editor : Hendra Wibawa
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top