Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DIRECTOR OF MARKETS BORD BIA IRLANDIA AILISH FORDE : “RI Punya Pilihan Lain”

Irlandia sedang gencar menggenjot ekspor produk hasil pertaniannya ke Indonesia. Untuk menggali lebih jauh strategi dan peluang kerja sama yang dapat dijalin kedua negara, Bisnis.com dan dua jurnalis nasional lainnya mewawancarai Director of Markets Bord Bia Irlandia Ailish Forde.
Director of Markets Bord Bia Irlandia Ailish Forde. BISNIS/Yusuf Waluyo Jati
Director of Markets Bord Bia Irlandia Ailish Forde. BISNIS/Yusuf Waluyo Jati

Irlandia Dibangun Berbasiskan Agrikultur

Apakah sedikit terlambat memasuki pasar Indonesia saat ini?

Ketika Irlandia sudah sangat serius memasuki pasar ekspor, secara otomatis pasar negeri tetangga terdekat lebih dahulu yang kami prioritaskan terutama untuk produk-produk segar. Pasar kami terbesar yang berdekatan adalah Inggris. Kami telah membangun jaringan bisnis di sana. Selanjutnya, kami melirik pasar kontinental Asia yang ekonomi dan kelas menengahnya sedang tumbuh.

Indonesia adalah contoh paling baik tempat kelas menengah bertumbuh. Kami juga telah membangun kantor di Asia Tenggara sejak 4 tahun lalu. Sebelumnya, kami berkonsentrasi di pasar Amerika sampai membentuk jaringan yang sangat kuat. Adapun saat ini, pasar baru kami ada di Asia sebagai emerging market.

Saya kira kami tidak pernah terlambat karena ada kebutuhan di sana. Indonesia adalah contoh yang bagus karena tidak semua negara di Asia sudah mandiri untuk produk-produk susu olahan. Kami adalah pemasok, tetapi tetap membutuhkan waktu lama dalam membangun pasar, sehingga kami masih perlu membangun kesadaran konsumen agar kami bisa memberikan solusi terhadap masalah ini.

Sejak kapan Irlandia mulai mengekspor ke pasar Indonesia dan bagaimana caranya?

Kemungkinan sejak 10 tahun terakhir. Bord Bia tidak menjual secara langsung tetapi mungkin saja perusahaan yang bersifat perorangan. Apakah produk itu dibeli dari Irlandia atau negara lain dan dipasarkan lagi ke Indonesia itu semua tergantung perusahaan masing-masing.

Akan saya cek juga mungkin saja ada perusahaan dairy yang menjualnya atau apakah mungkin melalui distributor atau menjual langsung ke industri manufaktur di Indonesia. Itu sesuatu hal yang wajar saja.

Sejalan dengan tumbuhnya perusahaan, bisa jadi mereka sudah punya kontak langsung. Namun, dalam situasi yang normal, perusahaan-perusahaan dairy akan menjualnya ke para distributor.

Bagaimana membangun strategi agar masyarakat lebih paham mengenai Irlandia?

Sejak tahun lalu kami sudah banyak upaya membangun strategi untuk mengetahui persepsi negara lain tentang apa itu Irlandia? Makanan apa saja yang berasal dari negara ini? Kami menemukan hal yang menarik bahwa negara lain melihat Irlandia sebagai negara yang lingkungannya bersih bebas polusi, natural, banyak hewan yang hidup di tanah lapang, dan sangat memperhatikan konsumen di seluruh dunia.

Di Asia, khususnya, riset menyatakan bahwa beberapa negara menyukai sistem peternakan yang kecil. Ini cocok sekali karena kami tidak memiliki pabrik peternakan yang besar-besar seperti di negara lain. Ini sangat penting bagi konsumen global yang mengutamakan sebuah negara dengan tingkat udara yang bersih serta dikontrol oleh EU Food Safety.

Peternakan Irlandia dibangun secara turun temurun, apakah Anda punya kajian mengenai ini?

Tentu. Perekonomian Irlandia dibangun berbasiskan agrikultur. Ini sangat penting bagi perkembangan industri. Sekitar 9%—10% nilai produk yang kami ekspor berasal dari sektor agribisnis. Itulah mengapa agrikultur sangat penting dan terus kami lanjutkan. Di Irlandia, Anda bisa lihat peternakan digerakkan oleh keluarga yang turun temurun. Seperti sebuah warisan sehingga semua orang terlibat.

Itulah mengapa semua peternakan di sini membutuhkan standar internasional guna mendukung kelancaran usaha keluarga para peternak yang hidup bergenerasi. Di sini, pekerja di sektor peternakan ada yang berstatus part time dan ada yang full job (permanen). Orang Irlandia sadar betul sektor pertanian dengan produk-produk susu olahan sangat vital karena menguntungkan bagi masyarakat dan menyumbang devisa bagi ekonomi negara.

Terlebih, ada kebijakan yang sangat kuat dari negara untuk membesarkan sektor agribisnis. Kebijakan tersebut di antaranya dari Uni Eropa sendiri yang mendorong pertumbuhan sektor agribisnis sehingga menguntungkan hidup petani.

Di sektor pendidikan, ada kebijakan kuat di bidang inovasi, riset dan pengembangan di kampus yang mendorong industri peternakan Irlandia tumbuh. Oleh karena itu, lulusan universitas di sini sangat dibutuhkan sektor industri. Industri pengolahan susu di Irlandia sangat nyaman berada di sini karena dukungan penuh tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Hendra Wibawa

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper