Kemendag: Industri Ritel Modern Masih Menunjukkan Tren Positif

Kementerian Perdagangan menilai prospek bisnisi ritel modern saat ini masih cukup menjanjikan.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 26 Agustus 2019  |  20:05 WIB
Kemendag: Industri Ritel Modern Masih Menunjukkan Tren Positif
Pengunjung memilih minuman di salah satu gerai supermarket - Jibi/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA -- Kementerian Perdagangan menilai prospek bisnisi ritel modern saat ini masih cukup menjanjikan.

Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Suhanto mengatakan prospek bisnis ritel modern tahun ini secara umum masih menunjukan tren yang positif.

“Hal ini dapat terlihat dari perkembangan pertumbuhan konsumsi barang yang menjadi kebutuhan sehari-hari FMCG, karena FMCG merupakan jenis produk yang menjadi andalan penjualan ritel,” ujarnya saat dihubungi Bisnis.com, Senin (26/8/2019).

Dengan mengutip data Nielsen, Suhanto menjabarkan bahwa pertumbuhan konsumsi FMCG selama bulan April 2018—April 2019 tumbuh positif sebesar 1,8%.

Meskipun masih bertumbuh di bawah inflasi, capaian tersebut lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya tumbuh sebesar 1%.

Adapun, lanjutnya, konsumsi FMCG di ritel modern tumbuh sebesar 6,6% dengan rincian untuk format minimarket tumbuh sebesar 12,1% sedangkan untuk format supermarket dan hypermarket tumbuh negatif sebesar -6,8%.

“Data ini dapat diartikan bahwa saat ini masyarat lebih suka berbelanja kebutuhan sehari-hari di toko swalayan yang berformat minimarket karena lokasinya lebih dekat dengan pemukiman, lebih praktis karena tanpa harus mengelilingi area belanja yang luas untuk mencari barang yang ingin dibeli Hal ini dapat diartikan bahwa masyarakat sudah banyak beralih berbelanja FMCG di ritel modern.”

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kementerian perdagangan, kemendag, minimarket, supermarket, ritel modern

Editor : Wike Dita Herlinda
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top