Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penyebab Tumpahan Minyak Pertamina Baru Bisa Diketahui Paling Cepat 3 Bulan

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menyatakan penyebab terjadinya gelembung gas dan semburan minyak di Sumur YYA-1, Proyek YY Blok ONWJ, baru bisa diketahui 3 hingga 6 bulan setelah kejadian.
Penanganan tumpahan minyak di laut utara Karawang./Istimewa
Penanganan tumpahan minyak di laut utara Karawang./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menyatakan penyebab terjadinya gelembung gas dan semburan minyak di Sumur YYA-1, Proyek YY Blok ONWJ, baru bisa diketahui 3 hingga 6 bulan setelah kejadian.

Wakil Kepala SKK Migas Fatar Yani Abdurrahman mengatakan masih mengumpulkan data-data serta memerlukan waktu untuk melakukan simulasi.

"Target kami dalam 3 sampai 6 bulan ketemu lah [penyebab gelembung gas], tapi [sebelumnya] pengalaman ini kami sebarkan ke KKKS [kontraktor kontrak kerja sama] lain agar memastikan prosedur ataupun [memperkecil] human error," tuturnya di kantor Kementerian ESDM, Senin (12/8/2019).

Penyebab adanya gelembung gas, lanjut Fatar, masih dipenuhi spekulasi, seperti berasal dari kesalahan casing sumur. Hanya saja, menurutnya, tumpahan minyak tidak sebesar yang diperkirakan.

Saat ini, rerata tumpahan minyak yang dapat ditangkap tiap harinya sebanyak 400 - 600 barel per hari. PT Pertamina (Persero) pun meralat volume tumpahan minyak yang menyebar di Laut Utara Karawang tersebut yang sebelumnya dinyatakan mencapai 3.000 barel per hari.

Hingga, Senin (12/8), Pertamina Hulu Energi Offshore Northwest Java (PHE ONWJ)  telah melakukan pengeboran relief well mencapai kedalaman 1.464 meter atau lebih dari 4.000 kaki dari target 2.765 meter atau sekitar 9.000 kaki. Sejauh ini, pengeboran relief well dilakukan dengan melakukan pemasangan casing dengan diameter 17-1/2.

PHE ONWJ juga menggandeng perusahaan spesialis well control yang telah sukses menangani hal yang sama, antara lain peristiwa di Teluk Meksiko yang dikenal sebagai tumpahan minyak Deepwater Horizon.

"Kendati permasalahan yang saat ini terjadi di PHE ONWJ dalam skala yang jauh lebih kecil, namun untuk memastikan penanganan optimal, kami menggandeng perusahaan lain yang berpengalaman untuk membantu dan melakukan kajian bersama terkait penanganan situasi seperti ini," tutur VP Relation PHE ONWJ Ifki Sukarya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper