Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

PLN : Potong Gaji Hal yang Wajar

PT PLN (Persero) mengatakan penyesuaian penerimaan upah pegawai merupakan hal wajar terjadi dalam suatu perusahaan, termasuk rencana pemotongan gaji akibat tanggungan kompensasi ke pelanggan. 
Ni Putu Eka Wiratmini
Ni Putu Eka Wiratmini - Bisnis.com 07 Agustus 2019  |  18:19 WIB
Pekerja memperbaiki jaringan Listrik Aliran Atas (LAA) pascakecelakaan KRL di kawasan Kebon Pedes, Bogor, Jawa Barat, Senin (11/3/2019). - ANTARA/Yulius Satria Wijaya
Pekerja memperbaiki jaringan Listrik Aliran Atas (LAA) pascakecelakaan KRL di kawasan Kebon Pedes, Bogor, Jawa Barat, Senin (11/3/2019). - ANTARA/Yulius Satria Wijaya

Bisnis.com, JAKARTA PT PLN (Persero) mengatakan penyesuaian penerimaan upah pegawai merupakan hal wajar terjadi dalam suatu perusahaan, termasuk rencana pemotongan gaji akibat tanggungan kompensasi ke pelanggan. 

Senior Executive Vice President (SEVP) Dept. Bisnis & Pelayanan Pelanggan Yuddy Setyo Wicaksono menjelaskan dalam kinerja pegawai, reward and punishment merupakan suatu hal yang wajar diterapkan.

"Ini kan menyangkut performance pegawai. Kalau kurang bagus dan ada kurang, ya take home pay berkurang. Semua terkait karena kompensasi merupakan performa seluruh pegawai PLN," katanya kepada Bisnis, Rabu (7/8/2019). 

Dia menjelaskan padamnya listrik bukan menjadi satu-satunya aspek yang diperhitungkan dalam kinerja pegawai. Aspek lain berupa kecepatan penyambungan hingga komplain pelanggan karena kurang andalnya listrik yang menjadi perhitungan kinerja. 

Sebaliknya, jika pegawai dalam melakukan kinerja cukup bagus, akan menjadi perhitungan tersendiri dalam pemberian reward.

Yuddy memastikan, kalaupun ada pemotongan gaji, semua akan diterima pegawai secara proporsional. "Reward and punishment harus diterapkan sebaik-baiknya, jangan sampai jadi santai dan tidak merasa terpacu," katanya. 

Sebelumnya, Direktur Pengadaan Strategis 2 PLN Djoko Raharjo Abumanan mengatakan akan melakukan pemotongan gaji pegawai untuk menghemat biaya operasional lantaran perlu adanya kompensasi ke pelanggan akibat padamnya listrik selama hampir 30 jam di wilayah Jakarta, Banten, dan Jawa Barat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

PLN listrik padam
Editor : Lucky Leonard
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top