Gradana Jadi Penyedia Pembiayaan Properti secara Digital

Selama ini, Gradana hanya membiayai uang muka kredit pemilikan rumah nasabah-nasabahnya, sedangkan sisanya dilunasi oleh bank rekanan.
Mutiara Nabila
Mutiara Nabila - Bisnis.com 08 Juli 2019  |  06:27 WIB
Gradana Jadi Penyedia Pembiayaan Properti secara Digital
Pekerja mengerjakan pembangunan salah satu perumahan mewah di Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Senin (15/1). Data Bank Indonesia (BI) menyebutkan, kredit real estate tumbuh 8,7 persen atau menjadi Rp135,7 triliun per November 2017, sementara kredit pemilikan rumah (KPR) dan kredit pemilikan apartemen (KPA) tumbuh 11 persen. ANTARA FOTO - Aditya Pradana Putra

Bisnis.com, JAKARTA — Industri properti di Indonesia makin menggeliat. Pembiayaan kepemilikan residensial saat ini tidak lagi mengandalkan institusi perbankan, tetapi juga platform peer to peer lending seperti Gradana.

Platform tersebut sekarang sudah bisa dimanfaatkan untuk membeli properti hingga 100 persen dari nilai jual sehingga menjadikan perusahaan rintisan (startup) itu sebagai penyedia kredit pemilikan rumah (KPR) digital pertama di Asia Tenggara.

Founder Gradana Angela Oetama dan William Susilo Yunior mengatakan bahwa selama ini Gradana hanya membiayai uang muka (down payment/DP) KPR untuk nasabah-nasabahnya, sedangkan sisanya dilunasi oleh bank rekanan. Seiring dengan makin luasnya kebutuhan pengguna platform, Gradana pun melakukan ekstensifikasi layanan.

"Gradana telah berhasil menjawab tantangan industri properti dengan menghadirkan alternatif pembiayaan properti secara digital dan juga revolusioner dalam hal investasi properti bagi masyarakat Indonesia," tutur Angela melalui siaran pers, Minggu (7/7/2019).

Menurutnya, solusi yang ditawarkan Gradana disukai oleh masyarakat karena mereka menginginkan kepraktisan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan yang berhubungan dengan properti.

"Kami juga bisa menjadi secondary option untuk pembelian properti karena konsumen bisa langsung ke Gradana tanpa harus melalui bank rekanan," sambungnya.

Angela menambahkan bahwa respons pasar di Indonesia sangat positif sehingga layanannya pun diperluas ke daerah-daerah lain selain Jabodetabek.

"Saat ini kami mulai merambah ke Sumatra, khususnya Palembang. Pada Mei yang lalu bersamaan Fintech Days yang diadakan OJK, kami juga melakukan kemitraan dengan Keller Williams All Property sebagai rekanan kami untuk menghadirkan produk-produk Gradana bagi masyarakat di sana," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pembiayaan, kpr, perumahan

Editor : Zufrizal

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top