Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Penyelesaian Tol Pertama Kalimantan Dipacu

Setelah dioperasikannya Jalan Tol Balikpapan – Samarinda, nantinya tol ini dapat memangkas biaya logistik pendistribusian barang dan jasa yang semakin cepat antar dua kota tersebut.
Krizia Putri Kinanti
Krizia Putri Kinanti - Bisnis.com 02 Juli 2019  |  18:56 WIB
Pembangunan jalan tol Balikpapan-Samarinda. - Istimewa-Jasa Marga
Pembangunan jalan tol Balikpapan-Samarinda. - Istimewa-Jasa Marga

Bisnis.com, JAKARTA -- Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR terus mendorong penyelesaian Jalan Tol Balikpapan – Samarinda sepanjang 99,35 Kilometer.

Jalan tol Balikpapan – Samarinda yang merupakan Jalan tol pertama di Pulau Kalimantan dibangun sejak November 2016 itu terbagi menjadi 5 Seksi, yaitu Seksi I ruas Balikpapan – Samboja sepanjang 22,03 Km, Seksi II ruas Samboja – Muara Jawa sepanjang 30,98 Km. Kemudian pada Seksi III Muara Jawa – Palaran sepanjang 17,50 Km, Seksi IV Palaran – Samarinda sepanjang 17,95 Km, dan Seksi V ruas Balikpapan - Sepinggan sepanjang 11,09 Km.

Berdasarkan monitoring konstruksi per 21 Juni 2019, saat ini progres konstruksi Jalan Tol Balikpapan – Samarinda Seksi I - V secara keseluruhan telah mencapai sebesar 90,19%. Untuk Seksi I dan Seksi V saat ini progres konstruksinya mencapai 92,91%. Kemudian Seksi II, Seksi III, dan Seksi IV saat ini progress konstruksinya telah mencapai 92,51%.

Danang Parikesit, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) mengatakan pembangunan jalan tol Balikpapan – Samarinda  Seksi I hingga Seksi V diharapkan dapat dioperasikan pada akhir tahun 2019.

"Total biaya investasi pembangunan jalan tol ini yaitu mencapai sebesar Rp9,97 triliun oleh pelaksana konstruksi PT. Jasamarga Balikpapan Samarinda," ujarnya melalui siaran resmi yang diterima Bisnis, Selasa (2/7/2019).

Setelah dioperasikannya Jalan Tol Balikpapan – Samarinda, nantinya tol ini dapat memangkas biaya logistik pendistribusian barang dan jasa yang semakin cepat antar dua kota tersebut.

Perjalanan antara wilayah Balikpapan dan Samarinda dari semula menghabiskan waktu 3 jam, nantinya dapat ditempuh hanya dengan waktu 1 jam.

Kehadiran jalan tol yang merupakan cikal bakal jalan Trans Kalimantan ini disambut baik oleh masyarakat yang terus mendukung terbangunnya jalan tol ini hingga tahap penyelesaian.

Diharapkan, setelah terbangunnya jalan tol ini, akan menciptakan kawasan perekonomian baru di Pulau Kalimantan yang sekaligus mendorong pertumbuhan kawasan tersebut menjadi semakin lebih baik dan berkembang.

Jalan tol Balikpapan – Samarinda menjadi pendukung pengembangan sektor kawasan-kawasan industri yang bergerak di sektor kelapa sawit, batubara, migas, dan pertanian.

Selanjutnya, Jalan Tol Balikpapan – Samarinda juga menjadi akses penghubung Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Sepinggan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

proyek tol trans kalimantan tol balikpapan-samarinda
Editor : M. Rochmad Purboyo
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top