Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Exit Tol Pekalongan Rawan Macet

Untuk mengantisipasi kemacetan di jalur pantura, polres telah menyiapkan jalur alternatif termasuk penujuk arah jalan dan menyiagakan petugas di setiap persimpangan jalan yang dianggap rawan menimbulkan kemacetan.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, PEKALONGAN--Jalan persimpangan pintu keluar tol Pekalongan dikhawatirkan akan menjadi titik kerawanan kemacetan arus lalu lintas di jalur pantai utara (pantura) saat Lebaran 2019, kata Kepala Kepolisian Resor Pekalongan Kota AKBP Ferry Sandi Sitepu.

"Jika arus lalu lintas (kendaraan) tidak berbarengan (bersamaan) keluar dari exit tol itu maka tidak akan terjadi kemacetan. Namun, apabila bersamaan (keluar) maka akan menjadi masalah di jalur pantura karena kelas jalan cukup kecil untuk kendaraan besar," katanya di Pekalongan, Kamis (23/5/2019).

Dia yang didampingi Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Pekalongan Kota AKP Muchamad Yogi mengatakan polisi tidak mungkin melakukan penindakan penilangan atau sanksi apabila terjadi kemacetan di pintu persimpangan jalur pantura menuju pintu keluar tol itu.

"Penyebab kemacetan dimungkinkan karena pengemudi kendaraan saling menyerobot, tetapi kami tidak bisa memberikan bukti pelanggaran karena dimungkinkan hampir semua kendaraan melanggar aturan lalu lintas," katanya.

Menurut dia, untuk mengantisipasi kemacetan di jalur pantura, polres telah menyiapkan jalur alternatif termasuk penujuk arah jalan dan menyiagakan petugas di setiap persimpangan jalan yang dianggap rawan menimbulkan kemacetan.

"Oleh karena, kami mengimbau pemudik yang tidak mengetahui atau memahami jalur yang akan dilewati seyogyanya bertanya lah pada petugas agar tidak salah jalan. Kami imbau pengguna jalan tidak coba-coba melewati jalan yang tidak diketahui," katanya.

Dia mengatakan pada pengamanan Lebaran 2019, polresta juga akan menyiapkan lima pos pengamanan (pospam) yaitu di di jalan Taman Hiburan Rakyat (THR), Ramayana, Terminal Bus Pekalongan, dan Sepacar.

"Selain itu, kita siapkan pos pelayanan [tempat istirahat] di Lapangan Brimob Kalibanger dan Masjid Alfairus. Yang jelas kita telah siap memberikan pengamanan pada masyarakat saat arus mudik Lebaran agar mereka lebih aman dan nyaman saat akan pulang ke kampung halamannya," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper