Jelang Mudik, Kediri Perbaiki dan Perlebar Jalan

Beberapa ruas jalan yang diperbaiki itu misalnya di Kecamatan Gurah, Pagu, Kunjang, Papar, Plosoklaten, hingga Wates.
Newswire | 22 Mei 2019 14:27 WIB
ilustrasi. - ANTARA/Puspa Perwitasari

Bisnis.com, KEDIRI--Pemerintah Kabupaten Kediri, Jawa Timur, mengerjakan perbaikan jalan dengan penambalan  maupun pelebaran, sehingga arus lalu lintas akan menjadi lancar menghadapi Lebaran 2019.

"Untuk perbaikan jalan ini masih dalam proses, jadi diupayakan pekan depan sudah selesai. Ada banyak ruasnya tersebar di sepanjang jalan Kabupaten Kediri," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kediri Krisna Setiawan di Kediri, Rabu (22/5/2019).

Beberapa ruas jalan yang diperbaiki itu misalnya di Kecamatan Gurah, Pagu, Kunjang, Papar, Plosoklaten, hingga Wates. Lokasinya juga di titik-titik tertentu dan bukan seluruhnya di jalan tersebut.

Krisna mengungkapkan, jalur yang diperbaiki itu juga diprioritaskan jalur utama, di mana volume kendaraan yang lewat juga cukup tinggi. Kendaraan itu baik roda dua maupun roda empat.

Lebih lanjut, ia mengatakan pemerintah kabupaten melalui dinas pekerjaan umum juga sudah membuka unit reaksi cepat khusus untuk perbaikan jalan. Pemerintah juga langsung menindaklanjuti jika ada aduan terkait dengan jalan rusak di kabupaten.

"Jadi, di dinas pekerjaan umum ada yang namanya unit reaksi cepat terkait perbaikan jalan. Prinsipnya, sekarang ini hampir semua terutama laporan dari masyarakat bisa cepat untuk kami tindaklanjuti. Jadi, untuk perbaikan jalan guna persiapan Lebaran 2019 ini masih dalam proses," ujarnya.

Dia juga menegaskan, perbaikan jalan itu sebenarnya sudah dilakukan sejak awal Lebaran, sehingga saat Lebaran nantinya bisa dimanfaatkan dengan baik oleh pengguna jalan.

"Jadi, beban untuk persiapan Lebaran sudah berkurang. Pengerjaan sebelum Lebaran, seperti perbaikan jalan sudah dilakukan. Kami harapkan nanti sudah tidak gangguan dalam pemanfaatan jalan di kabupaten," kata Krisna.

Namun, saat disinggung besarnya anggaran, Krisna mengatakan yang mengetahui pasti adalah dinas pekerjaan umum. Dirinya hanya mengatakan bahwa proses perbaikan jalan sudah dalam proses dan segera selesai.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kediri Dede Sujana mengatakan pada 2019, Pemerintah Kabupaten Kediri melakukan percepatan pembangunan sejumlah infrastruktur, dengan memperluas akses di sejumlah jembatan, yang menghubungkan berbagai daerah di area kerjanya.

Langkah yang dilakukan dengan melakukan pelebaran jalan, melakukan penambahan rambu lalu-lintas mulai dari perempatan Papar menuju Jembatan Kelutan, Kabupaten Kediri.

Selain itu, pemda juga akan menambah akses di bagian timur Jembatan Wijaya Kusuma, yang menghubungkan Kecamatan Ngadiluwih dan Kecamatan Mojo. Infrastruktur tersebut berada di bagian Selatan, Kabupaten Kediri.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
perbaikan jalan, mudik lebaran 2019

Sumber : Antara

Editor : M. Rochmad Purboyo

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top