Arab Saudi Permudah Izin Tinggal Ekspatriat Kaya

Rencana tersebut akan memungkinkan para ekspatriat kaya dan berkemampuan tinggi untuk memilih tempat tinggal yang ditentukan dan dapat diperbarui atau tinggal secara permanen dengan sekali pembayaran bertarif tinggi.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 15 Mei 2019  |  13:34 WIB
Arab Saudi Permudah Izin Tinggal Ekspatriat Kaya
King Abdullah City yang berlokasi di dekat Jeddah, kota perdagangan utama Arab Saudi. - Reuters/Susan Baaghil

Bisnis.com, KAIRO--Kabinet Arab Saudi menyepakati skema tempat tinggal khusus mirip dengan sistem kartu hijau yang diadopsi di sejumlah negara lain,sebagai upaya mendatangkan ekspatriat kaya dan memiliki kemampuan tinggi.

Informasi dari Kantor Berita Saudi (SPA) pada Selasa (14/5/2019) tersebut tidak menyebutkan perincian lebih lanjut soal skema baru, yang disetujui penasihat dewan Shura sebelumnya bulan ini.

Media setempat mengatakan rencana tersebut akan memungkinkan para ekspatriat kaya dan berkemampuan tinggi untuk memilih  tempat tinggal yang ditentukan dan dapat diperbarui atau tinggal secara permanen dengan sekali pembayaran bertarif tinggi.

Skema itu juga akan memberikan mereka kebebasan untuk memiliki properti dan menjalankan bisnis di kerajaan tersebut.

Saat ini, lebih dari 10 juta ekspatriat bekerja dan tinggal di Arab Saudi di bawah sistem sponsor yang mengharuskan mereka diusulkan oleh majikan Arab Sudi dan diterbitkan visa keluar atau masuk kembali setiap mereka meninggalkan negara itu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
arab saudi, ekspatriat

Sumber : Antara/Reuters

Editor : M. Rochmad Purboyo

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top