Bekraf Gelar Sosialisasi Food Startup di Yogyakarta

Food Startup Indonesia adalah platform yang dibentuk Bekraf untuk menghubungkan pengusaha rintisan (startup) di bidang kuliner Indonesia dengan sumber permodalan sekaligus membantu startup tergabung pada ekosistem kuliner
Dewi Aminatuz Zuhriyah
Dewi Aminatuz Zuhriyah - Bisnis.com 10 April 2019  |  17:08 WIB
Bekraf Gelar Sosialisasi Food Startup di Yogyakarta
Aneka makanan khas Betawi - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) kembali menggelar Sosialisasi Food Startup Indonesia (FSI) di Yogyakarta. Acara yang digelar pada Selasa (9/4/2019) itu sekaligus menjadi penutup rangkaian Sosialisasi FSI 2019 yang sebelumnya telah diselenggarakan antara lain di kota Padang, Medan, Semarang, Bandung, Balikpapan, Mataram, Makassar, Malang, dan Surabaya.

Dalam keterangan resmi yang dikutip pada Rabu (10/4/2019), Food Startup Indonesia  adalah platform yang dibentuk Bekraf untuk menghubungkan pengusaha rintisan (startup) di  bidang kuliner Indonesia dengan sumber permodalan sekaligus membantu startup tergabung pada ekosistem kuliner. Dengan adanya Sosialisasi FSI 2019, Bekraf memberikan informasi mengenai program kerja Bekraf dalam rangka pengembangan ekosistem ekonomi kreatif pada subsektor kuliner.

Acara ini juga diharapkan dapat meningkatkan awareness masyarakat, khususnya pelaku ekonomi kreatif pada subsektor kuliner di kota Yogyakarta dan sekitarnya terkait program Demoday Food Startup Indonesia sehingga para pelaku ekonomi kreatif dapat turut berpartisipasi.

Adapun, turut hadir dalam acara ini diantaranya Deputi Pemasaran, Joshua Puji Mulia Simandjuntak yang membuka acara dan Kasubdit Pasar Segmen Bisnis dan Pemerintah, Fahmy Akmal yang akan memaparkan program Kreatifood.

Selanjutnya, Kasubdit Dana Masyarakat, Direktorat Akses Non Perbankan Bekraf, Hanifah Makarim yang menjelaskan program Demoday Food Startup Indonesia. Serta, finalis FSI 2019 yakni Founder Coklat Ndalem, Asri Meikawati, yang berbagi cerita mengenai pengalamannya mengikuti FSI, dan CEO Accelerice Indonesia, Charlotte Kowara untuk sosialisasi mengenai Accelerice.

Di samping itu ada pula, Food and Beverages (FnB) Consultant Hasmono Group, Nurito Hendro Luky Hasmoro yang berbagi mengenai bisnis FnB.

Untuk diketahui, startup kuliner yang dapat mendaftarkan diri merupakan pelaku yang memproduksi makanan kemasan, minuman kemasan, teknologi pangan, ingredients, food service, dan tidak memiliki aplikasi digital untuk memasarkan produknya. Adapun pendaftaran Demoday Food Startup Indonesia dibuka pada 5 Maret—30 April 2019 yang dapat diakses melalui situs web www.foodstartupindonesia.com. Nantinya, pengumuman 50 besar startup kuliner akan dilakukan pada 5 Mei.

Sebelum Demoday yang akan dilaksanakan pada 8—10 Juli di Surabaya, 50 peserta tersebut akan mengikuti Kreatifood Exapo 2019 pada 5—7 Juli yang dilaksanakan oleh Deputi Pemasaran Bekraf.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kuliner, StartUp

Editor : Demis Rizky Gosta

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top